Unika Soegijapranata Serahkan 100 Masker N95 ke RS Elisabeth
Senin, 20 April 2020 | 8:50 WIB

SM 18_04_2020 Unika Soegijapranata Serahkan 100 Masker N95 ke RS Elisabeth Forum Bisnis Unika Soegijapranata bergandeng tangan bersama Rektorat kampus setempat menyalurkan Alat Pelindung Diri (APD) berupa masker N95 ke Rumah Sakit (RS) Elisabeth Semarang, Kamis (16/4).

Perwakilan Unika Soegijapranata, dr Indra Adi Susianto MSi Med SpOG mengatakan, sebanyak 100 masker disalurkan sebagai bentuk kepedulian terhadap kegiatan kemanusiaan pada masa pandemi Covid-19 ini. Masker N95 dibutuhkan dokter, perawat dan tenaga medis lainnya dalam merawat pasien yang terinfeksi Covid-19 pada garda terdepan yaitu di ruang isolasi khusus atau di IGD.

Indra menjelaskan, masker N95 mampu memberikan efektifitas dalam pencegahan penyebaran Covid-19. Masker N95 bukan hanya mampu menghalau percikan air liur saja, tapi juga partikel kecil di udara yang mungkin mengandung virus.

Masker N95 yang didesain menyesuaikan lekukan hidung dan mulut orang dewasa ini pada kondisi seperti sekarang memiliki harga yang cukup mahal dibandingkan dengan masker bedah Meskipun begitu, produknya sangat sulit untuk didatangkan dan langka di pasaran.

"APD Masker N95 tersebut bertipe 8511 atau merupakan varian masker N95 terbaik karena sudah build in filter cool flow, ketika digunakan pada cuaca panas atau lembab. Jadi tenaga medis akan tetap aman dan nyaman menggunakannya karena masker ini mampu menangkal virus terhirup," jelas Indra.

Selanjutnya, pengusaha yang tergabung dalam Forum Bisnis Unika Soegijapranata juga ke depan akan menyerahkan masker serupa untuk mendukung garda depan kesehatan di kota Semarang. Diharapkan hal ini tidak ada hamabatan terkait kelangkaan produk ke depan.

Adapun dalam penyerahan di RS Elisabeth Semarang, Dekan Fakultas Kedokteran Unika Soegijapranata itu menyerahkan langsung bantuan kepada Direktur Eksekutif RS setempat yakni Sr Victorine OSF. Pihak RS mengucapkan terima kasih atas perhatian dan kepedu-lian Unika Soegijapranata, akan kebutuhan N95 tipe 8511 yang sangat sulit didapat saat ini.

►Suara Merdeka 18 April 2020 hal. 12

Kategori: