Unika Luncurkan Buku Refleksi Pembelajaran Daring di Masa Darurat
Senin, 13 April 2020 | 13:51 WIB

Peluncuran Buku Refleksi Pembelajaran Daring di Masa Darurat

Pada hari Senin (13/4), Unika Soegijapranata meluncurkan buku dengan judul “21 Refleksi Pembelajaran Daring di Masa Darurat” yang ditulis oleh 21 dosen dalam 21 hari menjalani pembelajaran daring sejak semua kampus di Semarang mengumumkan penerapan mode pembelajaran daring untuk membatasi dan memotong rantai penyebaran Covid-19. Mereka terdiri dari dosen junior maupun senior, dosen tetap maupun tidak tetap, generasi baby boomer sampai dengan Gen-Y, dari berbagai fakultas di Unika Soegijapranata.

Meskipun dari sisi infrastruktur dan sistem penjaminan mutu pembelajaran daring di Unika Soegijapranata terbilang siap, namun perbedaan generasi, habitus atau kebiasaan, dan bidang keilmuan, menjadikan refleksi masing-masing dosen bisa berbeda satu sama lain. Motivasi, strategi, dan kontemplasi atas aktivitas pembelajaran daring menjadi output dari ke-21 refleksi tersebut.

Bukan hanya soal kemampuannya memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran daring, tetapi juga refleksi akan nilai-nilai kemanusiaan yang dicoba untuk diinsersikan ke dalam pembelajaran daring, praktek integritas yang mungkin sulit dilakukan dalam kondisi darurat, usaha-usaha untuk tampil prima dalam kondisi darurat, maupun strategi-strategi yang disusun berdasarkan keilmuan masing-masing dosen dalam menjalankan pembelajaran daring.

Semua refleksi ini sekaligus menggambarkan seberapa besar kecintaan dosen dalam menjalankan tugasnya sebagai pengajar, sebagai orangtua bagi mahasiswanya di kampus, maupun tanggung jawabnya sebagai pendidik professional kepada stakeholder. Melalui ke-21 tulisan ini, semoga dapat menjadi bahan literasi maupun refleksi dalam menjalankan peran kita masing-masing ketika kondisi darurat menghadang. Buku ini juga diharapkan dapat menjadi bahan bacaan bagi semua pihak untuk melihat kembali pergulatan batin dosen-dosen semasa Kondisi Luar Biasa (KLB) Covid-19 menerjang Indonesia.

 

 

Daftar Isi 21 Refleksi Pembelajaran Daring di Masa Darurat

  1. Bahtera Dunia Pendidikan di Masa Pandemi

Frederick Ridwan Sanjaya

  1. BDR – Beratkah untuk orang IT?

Robertus Setiawan Aji Nugroho

  1. Akuntansi dalam Kuliah Daring dan Seni Belajar Mengajar

Bernadia Linggar Yekti Nugraheni

  1. Belajar Di Rumah, Mengajak Mahasiswa Berbenah

Christin Wibhowo

  1. Dinamika Partisipasi Mahasiswa Dalam Pembelajaran Daring

Cecilia Titiek Murniati

  1. Eksplorasi Prinsip Andragogi untuk Metode pembelajaran Daring

Kristiana Haryanti

  1. Pembelajaran Daring dan Merdeka Belajar

Eny Trimeiningrum

  1. Nilai-Nilai Soegijapranata dalam Menyikapi Pembelajaran Daring

Bernadeta Lenny Setyowati

  1. Never Too Old to Learn: Dosen Gen-X Menjawab Tantangan Mengajar Daring

Angelika Riyandari

  1. Menjawab Tantangan Teknologi Daring Menuju Kelulusan Tepat Waktu

Victoria Kristina Ananingsih

  1. Library 5.0: Pemanfaatan Moodle untuk Layanan Rujukan Informasi Ilmiah dan Pendampingan Literasi Informasi Online

Rikarda Ratih Saptaastuti

  1. Work From Heart: Menjaga Humanisme dan Integritas dalam Kuliah Daring

Elizabeth Lucky Maretha Sitinjak

  1. Minus Malum Kebijakan Pembelajaran Daring di Tengah Kondisi Darurat

Antonius Suratno

  1. Dunia Tunggang Langgang: Belajar untuk Mengajar

Benediktus Danang Setianto

  1. Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Daring

Ignatius Dadut Setiadi

  1. Kecerdasan Jamak, Belajar Mandiri, dan Kuliah Daring

Meiliana

  1. Strategi Kuliah Daring Berbasis Video Conference

Albertus Dwiyoga Widiantoro

  1. Pandemi dan Revolusi Proses Desain Arsitektur

Christian Moniaga

  1. Menghitung Hari dari Dalam Rumah

Antonius Maria Laot Kian

  1. Lain Ladang Lain Belalang, Lain Generasi Lain Adaptasi

Tjahjono Rahardjo

  1. Dinamika Pendidikan dalam Kemandirian Belajar

Theresia Dwi Hastuti

Kategori: ,