Unika Buka Prodi Pendidikan Profesi Insinyur
Kamis, 2 April 2020 | 9:56 WIB

TRB 2_04_2020 Unika Buka Program Profesi Insinyur

Fakultas Teknik Unika Soegijapranta membuka program studi baru, yakni Pendidikan Profesi Insinyur (PPI). Prodi tersebut membuka dua program jalur masuk, reguler dan rekognisi pembelajaran lampau (RPL). Untuk program reguler ditempuh selama dua semester dan paling lama empat semester. Sedangkan RPL dikhususkan untuk calon mahasiswa dengan pengalaman kerja yang sudah diakui dalam bidang keinsinyuran. Masa tempuh RPL hanya satu semester.

Ketua Prodi PPI, Ir Widija Suseno mengatakan, pendaftaran mahasiswa baru PPI untuk gelombang I dibuka pada 2-11 April 2020. Sedangkan gelombang II pada periode 2-9 Mei 2020. "Kami sudah sejak 2016 mendapatkan mandat dari Kemenristekdikti (kini Kemendikbud-red) untuk membuka program studi ini. Prodi ini diharapkan bisa membantu pemerintah dalam rangka percepatan pembangunan yang digencarkan Presiden Jokowi," kata dia Rabu (1/4).

Ia menambahkan, setelah 1993, tidak ada lagi pemberian gelar insinyur pada lulusan program studi teknik. Baru sekarang inilah Unika mendapat izin operasional pembukaan PPI. "Kuota, kami membuka minimal 20 mahasiswa. Jika peminatnya banyak, kami buka hingga 80 mahasiswa," sambung dia.

Sebagai informasi, untuk kampus di Kota Semarang yang mempunyai program studi PPI hanya Undip dan Unika Sogijapranata. Oleh karena itu is berharap masyarakat antusias de-ngan PPI. Lantaran menurutnya hanya 40 universitas yang mendapat mandat membuka prodi tersebut. Untuk informasi dan pendaftaran bisa mengakses di www.unika.ac.id/ppi

►Tribun Jateng 2 April 2020, hal. 12

Kategori: