Mahasiswa Kedokteran Unika Bisa Kuliah Lab dari Jarak Jauh
Rabu, 29 April 2020 | 9:35 WIB

SM 29_04_2020 Mahasiswa Kedokteran Unika Bisa Kuliah Lab dari Jarak Jauh 
Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Pendidikan (LP3) Unika Soegijapranata memfasilitasi mahasiswa di kampusnya, untuk dapat melakukan praktikum lab komputer dari rumah. Hal ini juga berlaku pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Unika Soegijapranata.

Kepala LP3 Unika Soegijapranata, Eny Trimeiningrum SE MSi mengatakan, selama pandemi Covid-19 kegiatan pembelajaran tetap harus berlangsung sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Pihaknya yang ditugasi untuk mengepalai unit laboratorium komputer di kampus, tetap membuka fasilitas itu bagi mahasiswa yang melakukan kuliah dari rumah.

"Lab komputer yang kami miliki dapat dihidupkan dari jarak jauh oleh laboran. Ketua Program Studi (Studi) di Unika Soegijapranata cukup menghubungi LP3 apabila membutuhkan fasilitas ini. Termasuk bagi mahasiswa Fakultas Kedokteran Unika Soegijapranata yang mengawali pemanfaatan lab komputer jarak jauh ini untuk perkuliahan mereka," kata Eny.

Di laboratorium komputer Unika Soegijapranata terdapat beberapa software atau perangkat lunak kedokteran, statistik, akuntansi, dan lain sebagainya. Semua itu dapat dipergunakan melalui mekanisme yang sudah disiapkan oleh LP3.

"Laboran komputer akan memonitor komputer seperti menghidupkan dan mematikan komputer. Selain itu juga melakukan instalasi program yang dibutuhkan dari jarak jauh untuk proses pembelajaran," jelasnya.

Saat ini sebanyak 35 komputer telah siap dipergunakan secara remote. Eny berharap hal dapat membantu kuliah lab para mahasiswa dan berbagai program studi di Unika Soegijapranata yang membutuhkan penggunaan kuliah lab dan jarak jauh, tidak hanya Fakultas Kedokteran saja.

"Panduan atau manual pemakaian lab komputer jarak jauh dapat diakses di laman lib.unika.ac.id," terangnya.

►Suara Merdeka 29 April 2020 hal. 10

Kategori: