Kuliah Umum Prodi TI Bahas Peranan Big Data Dalam Penanggulangan Covid-19
Kamis, 30 April 2020 | 14:51 WIB

Rosita Herawati ST MIT (sebelah kiri) selaku Kaprodi TI sekaligus moderator, Krisostomus Nova Rahmanto selaku Narasumber Kuliah Umum Online (tengah), dan Dekan FIKOM Unika Robertus Setiawan Aji Nugroho ST M Comm IT PhD (sebelah kanan)

Dalam masa pandemi covid-19, memang terjadi banyak perubahan baik dari sektor ekonomi, sosial budaya, maupun sektor yang lain terutama pendidikan. Dan dalam rangka menjawab kebutuhan yang dirasa sangat menunjang pengetahuan tentang teknologi big data dan penanganan pandemi covid-19, maka pada hari Kamis (30/4) telah diselenggarakan Kuliah Umum Online oleh Program Studi (Prodi) Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer (FIKOM) Unika Soegijapranata.

Kuliah Umum Online yang bertemakan “Big Data Analitics for Covid-19 Response” ini disampaikan oleh seorang narasumber yang merupakan pengembang platform “Sebaran Covid-19” yang digunakan oleh pemprov Daerah Istimewa Yogyakarta yaitu Krisostomus Nova Rahmanto dan dimoderatori oleh Ketua Program Studi Teknik Informatika Unika Soegijapranata Rosita Herawati ST MIT.

Acara yang dilaksanakan secara online ini dipandu dari ruang prodi Teknik Informatika dan diikuti oleh para mahasiswa prodi Teknik Informatika sebagai bagian dari pembelajaran daring yang diberlakukan oleh Unika Soegijapranata. Kuliah umum ini juga di broadcast melalui youtube sehingga banyak pula alumni yang turut serta dan aktif dalam diskusi hingga akhir perkuliahan.

Dalam pesannya, Rosita sebagai Ketua Program Studi Teknik informatika berharap dengan kuliah umum online yang mengambil tema big data, bisa membuka cakrawala pengetahuan dan menambah pengalaman mahasiswa tentang penerapan keilmuan yang mereka pelajari. Selain itu, mahasiswa bisa memahami bagaimana cara gathering data dan mengolah data yang majemuk sehingga dapat diintrepetasikan dengan mudah oleh pengguna dan masyarakat.

Dalam paparan materinya, Krisostomus menyampaikan secara sekilas tentang pokok materi yang membahas tentang big data analitics terkait covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

“Kami mendukung penyediaan data bagi pengambil keputusan terkait penanganan pandemi covid-19 secara cepat dan tepat, serta menyampaikan data tersebut ke publik untuk daerah DIY” jelasnya.

Sehingga peran kami sebagai ahli komputer adalah menyediakan data bagi pengambil keputusan dan publik melalui tiga platform yaitu (1) platform dashboard yaitu untuk melihat sebaran covid-19, perkembangannya seperti apa dan perluasan cakupannya dimana saja.

(2) platform covid, yang menyajikan informasi tentang covid-19 secara spesifik, (3) platform manajemen bantuan artinya dengan platform ini kita ingin memastikan bantuan dapat terdistribusi secara adil dan tidak double penerima.

“Maka melihat vitalnya informasi data yang tunggal dan akurat, terutama dalam masa pandemi covid-19 ini, kita akan tahu bahwa data ternyata memegang peranan yang penting dalam membantu pengambil keputusan mulai dari Gubernur, Kepala BPBD dan Ketua satgas penanggulangan covid-19, agar keputusan diambil tepat dan reliable,” jelasnya.

Hal lain, dengan adanya internet, kita bisa belajar dan menggunakan  internet sebagai sumber ilmu yang luar biasa sehingga tergantung mahasiswa dalam melakukan pembelajaran dan memanfaatkan fasilitas yang tersedia dengan baik.

Dan tentu saja melalui kuliah umum online ini  kita jadi tahu bahwa dalam pekerjaan big data ini tidak bisa dilakukan sendiri melainkan perlu adanya kerja bersama dalam satu tim supaya dapat menghasilkan data yang tunggal dan akurat atau presisi, tandasnya. (FAS)

Kategori: ,