Klinik Pratama BPJS Ibu Teresa Mengutamakan Patient Safety Dalam Pelayanannya Dengan Menggunakan APD
Kamis, 9 April 2020 | 21:22 WIB

Tim medis poliklinik BPJS Pratama Ibu Teresa Unika Soegijapranata berfoto bersama dengan pesan quote

Pada Kamis (9/4) tim kesehatan dari klinik pratama BPJS Ibu Teresa Unika Soegijapranata, tampak berkoordinasi secara rutin untuk pelayanan kesehatan di tengah pandemi Corona Virus Disease (COVID-19) yang saat ini sedang mewabah di seluruh Indonesia terutama Kota Semarang.

Klinik Pratama BPJS Ibu Teresa yang dioperasikan sejak tanggal 1 Oktober 2019, telah berupaya untuk mengantisipasi pencegahan wabah virus COVID-19 dengan penyediaan dan penggunaan APD yang aman bagi para petugas medis baik dokter, perawat maupun apoteker, dalam melayani pasien yang sebagian besar terdiri dari dosen dan tendik Unika Soegijapranata. Seperti yang disampaikan oleh Penanggungjawab Klinik Pratama BPJS Ibu Teresa dr R B Bambang Witjahjo MKes, ketika ditemui.

“Kami sesuai anjuran prosedur aman penanganan kesehatan oleh petugas medis, telah menyiapkan APD (Alat Pelindung Diri) berupa pakaian coverall berikut face shield, masker, penutup kepala dan sarung tangan, yang sebagian APD tersebut adalah sumbangan dari Fakultas Kedokteran dan Fakultas Psikologi Unika, serta kami juga menerima bantuan dari KMKI Jakarta berupa sarung tangan” terang dr Bambang.

Penggunaan APD ini selain untuk keamanan para petugas medis, juga menjadi jaminan bagi anggota BPJS Ibu Teresa yang sebagian besar adalah para dosen, tenaga kependidikan (tendik) maupun mahasiswa yang akan berkunjung ke klinik, jelasnya.

Hal lain, kami juga mendata setiap mahasiswa atau dosen maupun tendik yang baru saja pulang dari luar negeri atau luar Jawa dan luar kota yang masuk dari zona merah, kami catat dan kami tindak lanjuti. Bentuknya berupa pengisian form yang kami sediakan dan diisi oleh yang bersangkutan. Namun sejauh ini belum ada yang terindikasi terkena virus COVID-19, sambungnya.

“Upaya lain yang kami lakukan adalah penyiapan hand sanitizer di klinik dan setiap sore klinik kita semprot disinfektan untuk pengamanan,” lanjut dr Bambang.

Sedangkan Margaretha Vitrianingsih, AMK salah satu perawat klinik tampak menjelaskan pula jadwal periksa di klinik Ibu Teresa, yaitu hari Senin hingga Jumat mulai pukul 07.30 sampai dengan pukul 15.00 wib, sedangkan Hari Sabtu dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 10.30 wib.

“Bagi Bapak Ibu saudara yang ingin konsultasi kesehatan baik ke dokter gigi atau dokter umum, kami juga membuka layanan secara online dengan menghubungi kontak WhatsApp saya, Margaretha Vitrianingsih, AMK 081225028567,” jelasnya.

” Kami mengimbau kepada seluruh anggota BPJS Unika agar menaati anjuran keselamatan semasa wabah virus COVID-19, untuk beraktifitas di rumah saja dan hindari keluar rumah jika tidak sangat mendesak, ” imbaunya. (FAS)

Kategori: ,