Ini Empat Modal Investasi Psikologi Hadapi Pembelajaran Daring
Rabu, 29 April 2020 | 23:28 WIB

Dalam masa pandemi corona, dibutuhkan pembelajaran daring. Untuk menghadapi hal itu dibutuhkan psychological capital (psycap) atau modal investasi psikologi yang dimiliki oleh setiap orang. Hal itu disampaikan Dosen Fakultas Psikologi Dr Ferdinandus Hindiarto S Psi MSi.

“Investasi psikologi yang tepat melalui empat hal, hope, optimism, self efficacy dan resiliensi,” kata pria yang akrab disapa Ferdi di Semarang, Rabu (29/4).

Investasi psikologi yang pertama, hope atau harapan, di mana saat pandemi Covid-19 harus mempunyai harapan baru dan hal itu mendorong setiap orang untuk mencoba meraihnya. Kedua, optimism atau optimis, harapan yang ingin diraih harus diiringi dengan optimisme di mana harus realistis sesuai keadaan.

“Selain, membuat alternatif solusi untuk merealisasikan,” tambahnya.

Ketiga, self efficacy atau kemampuan keyakinan diri untuk mewujudkan harapan. Keempat, resiliensi, yakni kemampuan untuk beradaptasi atau mengatasi masalah meskipun pada situasi yang sulit. Kemampuan ini bisa didapat antara lain, dengan melihat kembali pada pengalaman-pengalaman dalam menghadapi masalah yang pernah dialami dalam perjalanan hidup dan berhasil menyelesaikannya dengan baik.

Dengan investasi psikologi melalui empat hal tersebut di atas, diharapkan efek negatif yang muncul bisa dihindari, dan hasil karya yang dihasilkan bisa lebih optimal.

https://www.suaramerdeka.com/regional/semarang/227536-ini-empat-modal-investasi-psikologi-hadapi-pembelajaran-daring

Kategori: