FTP Unika Laksanakan Ujian Pendadaran Secara Online
Senin, 20 April 2020 | 14:36 WIB

Gambar foto salah satu contoh ujian pendadaran secara online

Ujian Pendadaran merupakan ujian paling akhir yang harus ditempuh oleh mahasiswa di Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Unika Soegijapranata. Ibu Dea N. Hendryanti, S.TP., MS selaku Sekretaris Program Studi S1 menyampaikan bahwa untuk dapat menyelesaikan program sarjana di FTP Unika Soegijapranata, mahasiswa perlu menempuh beberapa rangkaian ujian meliputi Ujian Proposal, ujian Tugas Akhir dan Ujian Pendadaran.

Lebih lanjut Ibu Dea menambahkan bahwa sejak hari pertama pemberlakukan kuliah daring di Kampus Unika Soegijapranata (tanggal 16 Maret 2020) untuk mengantisipasi pandemi Covid-19, pendaftaran dan pelaksanaan ujian terkait tugas akhir sudah dilakukan secara online di FTP Unika. Pelaksanaan ujian pendadaran yang saat ini sedang berlangsung juga memanfaatkan media online video conferencing.

Ujian Pendadaran merupakan ujian untuk mengetahui penguasaan mahasiswa terhadap ilmu pangan yang sudah mereka dapatkan sejak semester satu hingga akhir sekaligus sebagai bekal memasuki dunia kerja. Biasanya dosen juga akan bertanya mengenai pekerjaan yang akan dilakukan setelah lulus. Tak jarang, beberapa mahasiswa cenderung nervous karena bisa saja ujian pendadaran ini dilakukan 2 kali, tergantung pada hasil yang diperoleh.

Hari Senin, 20 April 2020 merupakan hari pertama penyelenggaran ujian pendadaran di FTP secara daring. Tiga dosen penguji untuk setiap mahasiswa dengan durasi penanya 20 menit setiap dosen. Hasilnya? Mahasiswa cenderung tidak menampakkan wajah nervous nya dan hasilnya dapat optimal. Hal ini berbeda dengan ujian tatap muka secara langsung.

Media daring ternyata membantu mahasiswa yang biasanya deg-degan saat berhadapan dengan dosen menjadi lebih santai. Saat tenang, mereka cenderung dapat menjawab dengan baik.

Kategori: ,