UKM Kembangtaru Raih Juara Harapan 1 dalam Lomba Tari Nasional
Jumat, 6 Maret 2020 | 12:21 WIB

UKM Kembangtaru dalam The 14th National Folklore Festival

UKM Seni Kembangtaru Unika Soegijapranata Semarang berhasil meraih Juara Harapan 1 dalam acara The 14th National Folklore Festival yang diselenggarakan oleh BEM FEB Universitas Indonesia, Depok.

Lomba yang diselenggarakan pada 4 Maret 2020 ini diikuti oleh 19 Perguruan Tinggi dari seluruh Indonesia.

Disana UKM Kembangtaru membawakan Tari Dugderan karya Bapak Agus Cahyono. Pelatih UKM yang akrab dipanggil Mbak Sari  telah mengajar dan mengawasi setiap gerakan para anggota selama 3 bulan.

Tim yang beranggotakan Anisa Fatriani (FHK), Valentina Dhani (FPsi), Madaresty Nur Chandra (FPsi), Margaretha Diajeng (FPsi), Rizky Sekaringtyas (FPsi), Elisabeth Sevina (FTP), dan Ryani Airin (FBS) mempersiapkan diri selama liburan dengan semangat yang tinggi.

Hampir setiap hari mereka berangkat ke kampus untuk berlatih di Selasar Thomas Aquinas, mengulang-ulang gerakan dan saling memberi kritik agar semakin selaras. Mereka juga menyewa studio dan mencari tempat diluar Kampus Unika untuk berlatih di hari Minggu.

Tim ini berangkat dari Semarang bersama Pak Krido menggunakan fasilitas kendaraan Unika Soegijapranata pada tanggal 3 Maret ditemani oleh Bu Sapti selaku pendamping UKM, Mbak Sari dan Ceria Arbyan (FPsi) sebagai LO.

Sesampainya di penginapan, mereka beristirahat sejenak dan menyempatkan untuk berlatih bersama. Esoknya mereka langsung bersiap dan berangkat pagi ke Auditorium Pusat Kegiatan Mahasiswa Universitas Indonesia untuk uji coba panggung. Setelah itu, semua anggota melanjutkan persiapan make up dan kostum sebelum tampil.

Kurang lebih pukul 10.00 UKM Seni Kembangtaru tampil di hadapan para juri dan penonton. Mereka menunjukkan semua hasil latihan semaksimal mungkin. Selama penampilan tidak ada kesalahan besar yang terjadi. “Kalau ditanya puas atau belum sepertinya belum puas, saya merasa saya bisa tampil lebih baik lagi, jadi pengen ngulang. Tapi sekarang kami hanya bisa menunggu pengumuman. Kami percaya bahwa masing – masing dari kami telah menunjukkan yang terbaik”, ucap Dhani.

Tiga jam berlalu dan sampailah pada pengumuman. Nama UKM Kembangtaru disebut sebagai Juara Harapan 1. Mereka terkejut sekaligus senang, bahkan beberapa meneteskan air mata bahagia. “Kami berharap tahun depan dapat membawa pulang piala kejuaraan 3 besar”, ucap Anisa.

Kategori: ,