BACK TO NATURE: Live In FAD 2019
Rabu, 4 Maret 2020 | 12:56 WIB

Kegiatan Live In ini rutin diadakan oleh Fakultas Arsitektur dan Desain Universitas Katolik Soegijapranata Semarang setiap tahunnya sebagai kelanjutan dari serangkaian kegiatan pembekalan terpadu mahasiswa baru. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengenalkan kepada mahasiswa tentang sistem perkuliahan dan pengenalan mata kuliah yang akan dipelajari oleh mahasiswa baru. Kegiatan pembekalan tersebut juga bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa dengan mahasiswa lain yang menjadi satu angkatan dalam satu program studi maupun satu fakultas.

Back to Nature adalah “back” berarti kembali dan “nature” yang berarti ke alam yang bertujuan untuk mengingatkan kita semua agar tetap ingat dan tidak melupakan alam. Karena semua manusia itu harus kembali ke alam, dari mulai kita hidup sampai akhirnya kita kembali lagi ke alam. Kebanyakan dari mahasiswa kepekaan di dalam lingkungan sekitar kurang karena semakin berkembang teknologi di masa sekarang membuat mahasiswa saat ini lupa bahwa merawat dan menjaga alam itu sangat penting. Hal lain yang menjadi latar belakang kegiatan ini dilaksanakan adalah faktor kemandirian, dengan kemandirian ini mahasiswa tidak hanya dilatih untuk tidak bergantung kepada orang lain namun dengan kemandirian ini mahasiswa dapat menumbuhkan rasa simpati dan empati kepada orang lain dengan cara berbagi dan menjaga alam. Kemandirian dari mahasiswa yang dinilai kurang, mungkin disebabkan oleh faktor lingkungan yang sudah berkembang memanjakan mahasiswa dengan sikap acuh sehingga kesulitan untuk hidup mandiri dan ingat untuk tetap merawat alam, kesulitan untuk berinteraksi dengan sesama manusia maupun dengan alam, baik karena mahasiswa tidak terbiasa hidup mandiri dan merawat alam di lingkungan yang telah berkembang ini. Tidak hanya untuk kemandirian serta simpati, empati dan mengingat Kembali tentang alam, tetapi juga mahasiswa di Live In baik peserta maupun panitia akan diajak untuk berinteraksi dengan masyarakat daerah sana, dan belajar bersosialisasi dan memahami masyarakat diluar sana karena hal itu pasti akan berguna dimasa yang akan datang.

Tujuan dari kegiatan ini adalah agar mahasiswa dapat mengenal dan memahami siapa dirinya; memiliki kepekaan social; meningkatkan rasa saling memiliki dan rasa kekeluargaan pada masyarakat dan satu angkatan tanpa memandang suku, ras, budaya dan agama; meningkatkan rasa bersyukur di dalam kehidupan sehari-hari; menumbuhkan rasa simpati dan empati terhadap sesama untuk saling berbagi; serta mengingkatkan rasa kepedulian untuk menjaga, merawat dan menghormati alam.

Live In FAD 20220 ini berlangsung selama 4 hari sejak 27 Februari hingga 1 Maret 2020 di Desa Batursari, Kledung. Kegiatan selama 4 hari ini adalah pada hari pertama mahasiswa dibiarkan mengenal daerah dan keluarga mereka dahulu. Pada hari kedua terdapat kegiatan workshop cukil yang dibawakan oleh teman-teman FAD juga dan kegiatan inagurasi kecil dimana peserta diminta menampilkan sesuatu untuk nantinya dipilih menjadi penampilan yang akan tampil di inagurasi besar. Selain itu, di hari kedua para peserta juga ikut membantu warga membersihkan desa. Pada hari ketiga diisi dengan kegiatan outbond dan dilanjutkan dengan kegiatan inagurasi besar yang juga mengundang warga desa. Setelah itu, pada hari keempat peserta berpamitan untuk kembali ke Semarang. (bemfad)

image Kerja bakti membersihkan desa

image Workshop cukil

image Inagurasi kecil

image Outbond

image Penampilan desa pada Inagurasi Besar

Kategori: ,