Hari Pangan Sedunia 2019
Selasa, 5 November 2019 | 9:46 WIB

Hari Pangan Sedunia 2019

clip_image002Tepatnya tanggal 4 November 2019, ORMAWA FTP telah mengadakan suatu kegiatan yang dikenal sebagai HPS (Hari Pangan Sedunia) yang berlokasi di selasar Gedung Thomas Aquinas. Tema HPS tahun ini adalah “Teknologi Industri Pertanian dan Pangan Menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045” atau “Our Action are Our Future, Healthy Diets #zerohungerworld”.

clip_image004Berbeda dengan HPS tahun sebelumnya, HPS tahun ini membuat Maze Games yang menunjukkan bahwa HPS tahun ini lebih berfokus pada partisipasi dari para pengunjung, baik dari dalam maupun luar FTP mengeni HPS itu sendiri. Keseruan HPS juga dimeriahkan oleh adanya photobooth, food bazzar, pemberian voucher gratis dengan menukarkan barang bekas, lomba twibbon, penampilan TP kustik, dan lain sebagainya.

Kegiatan HPS tahun ini mengalami peningkatan dari segi pengunjung yang terlihat dari jumlah pengunjung yang hadir mencapai 300-an orang. Selain itu, sistem yang digunakan pada HPS kali ini sangatlah berbeda. Untuk mendapatkan free food voucher pada stand makanan, pengunjung harus melakukan penukaran barang bekas sebanyak 1 kg atau memainkan permainan Maze Games. Sedangkan jika sudah terdaftar sebagai seorang pengunjung, maka akan mendapatkan discount voucher makanan sebesar Rp.5.000,00.

clip_image006HPS 2019 sangat menarik sehingga menghasilkan banyak tanggapan positif dari para pengunjung. Pia (TP‘19) mengatakan bahwa HPS 2019 merupakan acara yang bagus dan seru. Baginya, permainan Maze Games sangat berkesan karena bisa menambah wawasan dan hasil permainan, yaitu voucher-nya dapat digunakan untuk membeli makanan (melepas rasa lapar). Sarannya adalah stand – stand makanan dan pos – pos dalam Maze Games diperbanyak. Pia juga menuturkan, “Sayang banget kalau nggak ikut Maze-nya, mungkin karena kurang pemberitahuan atau kesadaran dari mahasiswa untuk join dan meramaikan acara tetapi secara garis besar acaranya JOS banget!”. Felix (TP’18) mengatakan bahwa kegiatan HPS 2019 sudah sangat bagus, dilihat dari segi stand makanan yang sangat bervariasi dan didukung oleh games menarik yang menjadi point plus bagi HPS dalam menarik pengunjung untuk datang dan berpartisipasi. Saran yang diberikan untuk HPS tahun depan yaitu diadakan perpaduan antara Maze Games dan cooking demo sehingga mahasiswa UNIKA semakin banyak yang tertarik. Cornel (NTK’17) mengatakan bahwa kegiatan ini sudah mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya, dilihat dari banyaknya pengunjung, permainan (Maze Games), dan juga partisipasi mahasiswa dalam mengikuti kegiatan sehingga mereka tidak hanya memperoleh makanan secara gratis melainkan mereka juga dapat belajar mengenai hal-hal yang berkaitan dengan pangan. Saran untuk kedepannya adalah dalam satu kloter games hendaknya tidak dibatasi seberapa banyak orang yang akan bermain. (smf-tp, Irine D N)

Kategori: ,