LINGKUNGAN – Mengkaji Lingkungan Harus Satu Kesatuan
Senin, 26 Agustus 2019 | 8:03 WIB

image

Ketua Program Doktor Ilmu Lingkungan (PDIL) Unika Soegijapranata Semarang, Prof Dr Andreas Lako memberikan pembekalan pada mahasiswa di kampus PDIL di Gedung Thomas Aquinas kampus tersebut, Jumat (23/8). Pembekalan diberikan sebelum mahasiswa masuk kuliah.

Andreas menyampaikan program, visi misi, serta capaian mahasiswa S-3 PDIL. Harapannya kelak setelah mereka lulus mampu mendapatkan ilmu multiparadigma terkait lingkungan. Selama proses perkuliahan, mahasiswa potensi mendapatkan ilmu multiparadigma terkait lingkungan.

“Mahasiswa ini dari beragam latar belakang, ada theologi, psikologi, serta kajian etika. Kelak saat lulus kulaih, mereka bisa memiliki ilmu theologi lingkungan, psikologi lingkuntan, atau etika lingkungan,” tandas Andreas di sela-sela pembekalan.

Kepada mahasiswa, dia mengatakan, lingkungan ini bukan hanya alam semesta, namun ada lingkungan manusia dan buatan manusia. Menurut dia, mengkaji lingkungan itu harus satu kesatuan.

Tidak dapat dipandang dalam satu perspektif, tapi bisa juga dua atau tiga. Misalnya, psikologi lingkungan dalam disertasi bisa mengulas bagaimana menyadarkan keluarga mengenai kesadaran perilaku hidup untuk peduli lingkungan sejak dini

PDIL menargetkan mahasiswa selesai dalam waktu empat tahun. “Kalau ada mahasiswa pandai, bisa selesai tiga tahun seperti angkatan pertama S-3 PDIL,” katanya. Kepala Pelayanan Kampus Unika Soegijaparana Semarang Romo Aloysius Budi Purnomo menjadi mahasiswa PDIL.

Selain itu, ada juga Eko Nugroho selaku penggagas Dreamlight World Media yang pernah menggarap program ternama ‘’Bedah Rumah’’. Dalam kesempatan itu, Eko mengaku tertarik kuliah di PDIL, karena ingin belajar lebih jauh mengenai ilmu lingkungan.

Sebab, lingkungan memberikan efek luar biasa bagi kehidupan umat manusia. “Saya ditawari melanjutkan kuliah dari berbagai bidang, seperti filosofi, psikologi, atau media. Namun, pilihannya ke lingkungan yang menurut saya itu ilmu yang tertinggi,” ungkapnya.

 

►Suara Merdekan 24 gustus 2019 hal. 16, https://www.suaramerdeka.com/smcetak/baca/195251/mengkaji-lingkungan-harus-satu-kesatuan, https://www.suaramerdeka.com/news/baca/195242/potensi-mahasiswa-dapatkan-disiplin-ilmu-baru

Kategori: ,