Klinik Pratama BPJS Ibu Teresa Unika Adakan Penyuluhan dan Bentuk Pengurus Prolanis
Rabu, 8 Juli 2020 | 11:37 WIB

dr F Melianie Suhendro saat memaparkan materi penyuluhan tentang diabetus melitus

Kegiatan Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) adalah kegiatan yang ditujukan untuk para peserta prolanis dalam rangka mencapai kualitas hidup yang optimal dengan biaya pelayanan kesehatan efektif dan efisien melaui sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif yang melibatkan peserta, fasilitas kesehatan, dan BPJS Kesehatan.

Dan berkaitan dengan kegiatan prolanis yang diselenggarakan oleh Klinik Pratama BPJS Ibu Teresa Unika Soegijapranata, maka pada hari Rabu (8/7) telah diselenggarakan kegiatan penyuluhan dan pembentukan pengurus prolanis serta pemeriksaan laboratorium maupun  pengecekan tekanan darah di selasar  Klinik Pratama BPJS Ibu Teresa.

Dalam kesempatan tersebut, penyuluhan kesehatan disampaikan oleh dr F Melianie Suhendro mengenai Diabetes Melitus (DM) yang dipaparkan di hadapan peserta penyuluhan dengan tema ‘Pengenalan Diabetes Beserta Komplikasi, Pencegahan dan Penanganan’.

“Untuk peserta prolanis kita berharap jaga pola hidup, olah raga, kemudian minum obat secara teratur bagi yang sudah terkena penyakit, bagi yang masih sehat diharapkan menjaga pola makan dan pola hidup sehatnya,” jelas dr Melianie.

Disamping itu saya berharap dengan program-program prolanis ini, pasien-pasien diabetes melitus, hipertensi dan penyakit-penyakit kronis lainnya dapat teratasi penyakitnya, sehingga memiliki kulitas hidup yang optimal, imbuhnya.

Yang terutama bagi pasien-pasien penyakit diabetes melitus dan hipertensi, kerusakan yang bisa ditimbulkan apabila tidak mematuhi anjuran kesehatan adalah timbulnya kerusakan pada pembuluh-pembuluh darah. Jadi diharapkan ada kepatuhan untuk meminum obat dan menjaga pola hidup sehat, karena jika tidak diperhatikan secara serius maka dikhawatirkan akan menimbulkan komplikasi penyakit yang sangat banyak, mengganggu dan mengerikan, tandasnya.

Salah satu perawat Klinik Pratama BPJS Ibu Teresa Unika Soegijapranata Margaretha Vitrianingsih AMK saat dijumpai juga menyampaikan informasi bahwa penyelenggaraan kegiatan prolanis ini adalah yang kedua kalinya diselenggarakan.

Pengurus Prolanis Klinik Pratama BPJS Ibu Teresa Unika Soegijapranata Klub ‘Gatas Daduphat (jaGA vitaliTAS DAn hiDUP seHAT)’

“Jumlah pasien prolanis di Klinik Pratama BPJS Ibu Teresa Unika Soegijapranata adalah sekitar 15 orang. Dan dalam pengelolaan kegiatannya secara rutin dan periodik dibutuhkan pengurus yang membantu kami dalam menyelenggarakan kegiatan, untuk itu dalam kegiatan prolanis ke-2 ini selain penyuluhan, kami juga membentuk pengurus prolanis yaitu sebagai ketua adalah F Yuwono Agus SH, kemudian sekretaris adalah Tyas Agustine SKep Ners dan Dwi Handayani, sedangkan bendahara Kris Saptiyani Wijayanti,” jelasnya.

Untuk selanjutnya, kegiatan prolanis yang dilakukan satu bulan sekali ini, selain mengisi acara dengan penyuluhan, kami juga berencana mengadakan kegiatan senam, pemeriksaan laboratorium, pengecekan tekanan darah dan suhu, lingkar perut, RR atau jumlah pernafasan 1 menit, jumlah detak nadi dalam 1 menit dan senam, pungkasnya. (FAS)

Kategori: ,