FIKOM Unika Rayakan Dies Natalis ke-15 dengan Misa Syukur
Selasa, 7 Juli 2020 | 12:57 WIB

Dekan FIKOM Robertus Setiawan Aji Nugroho ST M Comm IT PhD, saat menyampaikan sambutan sebelum Misa Syukur Dies Natalis ke-15 FIKOM Unika Soegijapranata

Pada hari Senin (6/7), Fakultas Ilmu Komputer (FIKOM) Unika Soegijapranata telah memperingati dies natalisnya yang ke-15, dan dirayakan dengan penuh syukur melalui Misa Syukur yang dilaksanakan di fakultas dengan tetap mematuhi protokol kesehatan pandemi covid-19.

Dalam suasana yang khidmat dan penuh syukur para dosen, tendik (tenaga kependidikan) dan para pejabat dekan yang pernah memimpin FIKOM pada periode sebelumnya (Prof. Dr. Ridwan Sanjaya, Hieronimus Leong, M.Kom, dan Erdhi Widyarto Nugroho, MT), tampak hadir dan mengikuti misa syukur secara terbatas, yang dipimpin oleh Pastor Kepala Campus Ministry Unika Soegijapranata Romo Aloysius Budi Purnomo Pr.

Dalam sambutannya, Dekan FIKOM Unika Robertus Setiawan Aji Nugroho ST M Comm IT PhD mengucap syukur atas kemajuan yang selama ini sudah diraih oleh FIKOM sehingga di usianya yang ke-15 tetap diberi kepercayaan oleh masyarakat dan universitas untuk mendidik, mengembangkan serta mengabdikan keilmuan bagi bangsa dan negara.

“Sejak tahun 2005 hingga sekarang, selama kurun waktu 15 tahun, FIKOM telah menjadi bagian dari Unika Soegijapranata. Dan selama waktu itu pula, FIKOM yang memiliki dua Program Studi yaitu Teknik Informatika dan Sistem Informasi yang mendidik para mahasiswa yang mendalami ilmu pada berbagai program antara lain seperti game technology, e-commerce, Big Data Analytics dan sebagainya,” jelas Robertus Aji PhD.

Semoga kehangatan yang kita rasakan bersama pada perayaan ini, bisa terus kita jaga bersama dalam Fakultas Ilmu Komputer Unika Soegijapranata, lanjutnya.

Adapun Romo Aloysius Budi Purnomo, yang pada Rabu mendatang (8/7) akan merayakan ulang tahun imamat yang ke-24, juga merasakan rahmat dan berkat yang sungguh melimpah dalam diri dan karya pelayanannya selama kurang lebih 23 tahun.

Dengan sukacita yang penuh, berkat syukur juga mengalir pada FIKOM Unika Soegijapranata yang dalam waktu hampir bersamaan juga merayakan dies natalisnya yang ke-15.

“Saya ucapkan selamat kepada FIKOM yang telah merayakan ulang tahun yang ke-15. Dan waktu 15 tahun merupakan masa yang cukup signifikan juga dengan keberadaan FIKOM di Unika Soegijapranata,” ucap Romo Budi.

Keberadaaan Fikom adalah relevan dan signifikan terutama di masa pandemi covid-19 ini. Tidak bisa saya bayangkan jika saat ini tidak ada peralatan komputer dan digital yang bisa kita gunakan untuk membangun komunikasi bahkan beribadah bersama.

Dengan artificial intelligence, kita bisa terhubung dari tempat kita masing-masing. Perkuliahan daring akhirnya juga dapat terwujud berkat pandemi covid-19. Artinya pandemi tidak hanya kutuki atau diratapi, tetapi juga disyukuri, tutur Romo Budi.

“Apabila kita tempatkan dalam bacaan hari ini, dalam situasi-situasi yang sulit, sebagai orang beriman kita selalu percaya bahwa ada jalan yang selalu terbuka untuk kebaikan. Allah penuh kasih kepada umatNya, untuk kebaikan dan kehidupan,” ungkapnya.

Dengan perjumpaan-perjumpaan dalam kebersamaan untuk mencapai satu tekad yang sama adalah sangat penting, maka kita syukuri hadiah ulangtahun ke-15 ini. Rekan-rekan disatukan dalam satu ruangan sehingga tidak ada jarak, dan dari sini lah segala yang baik akan digali, diputuskan dan akan dilaksanakan sebagai bagian perutusan rekan-rekan semua, tandas Romo Budi.

Sesudah Misa Syukur acara dilanjutkan dengan pemberkatan ruangan-ruangan baru di lingkungan FIKOM untuk menggerakkan pelayanan yang terbaik sebagai tanda kasih kepada Allah melalui para mahasiswa yang dipercayakan kepada FIKOM Unika. (FAS)

Kategori: ,