Unika Launching Buku 88 Manifestasi Civitas Akademika di Masa Pandemi Covid-19
Senin, 29 Juni 2020 | 18:04 WIB

Rekam jejak aktifitas civitas akademika Unika Soegijapranata selama masa pandemi covid-19 di media cetak maupun online, telah didokumentasikan dalam sebuah buku yang berjudul “88 Manifestasi Civitas Akademika di Tengah Pandemi.”

Dan pada hari ini Senin (29/6) buku tersebut telah dilaunching oleh Rektor Unika Soegijapranata Prof Dr F Ridwan Sanjaya MS IEC dengan disaksikan oleh para Wakil Rektor, rekan wartawan mitra Unika dari berbagai media, penyusun buku, designer sampul dan editor buku serta peserta lainnya.

Prof Ridwan Sanjaya dalam sambutannya sebelum melaunching buku, mengutarakan perlunya membuat suatu dokumentasi segala aktifitas akademika Unika Soegijapranata dalam masa pandemi covid-19 ini, melalui saluran publikasi dengan bekerja sama antara humas dengan webmaster yang banyak bertugas dalam bidang teknologi informasi dan digital serta berkolaborasi dengan penerbitan untuk mempertajam fungsi relasi dengan publik.

“Publikasi di media itu tidak selalu hanya dengan yang tertulis saja, tetapi bisa juga berupa audio atau visual. Hal tersebut menjadi salah satu yang mendasari munculnya inovasi atau terobosan, dengan memunculkan buku yang gadget friendly, dan mudah dibaca oleh banyak orang serta sekaligus tidak perlu melakukan intervensi untuk bisa membaca lebih jelas, karena bisa dengan mudah hurufnya dibesarkan dan dikecilkan tanpa campur tangan manusia, begitu dengan keberadaan video yang bisa masuk ke dalam buku, “paparnya.

Bagi penerbitan Unika Soegijapranata dengan buku model video bisa masuk didalamnya merupakan buku yang pertama dan mungkin tidak banyak dari penerbitan lainnya di luar Unika. Dan buku ini melengkapi kerjasama antara penerbitan dengan humas Unika Soegijapranata, tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, dari awak media juga ada yang menanyakan tentang jumlah buku yang sudah diluncurkan ke publik oleh Unika Soegijapranata di masa pandemi covid-19 ini.

Editor buku, Ignatius Eko Budhi Setiyono SPd MSi menjelaskan bahwa buku yang siang ini dilaunching adalah buku yang ke-15 dalam masa pandemi covid-19. “Dalam kurun waktu tiga bulan di masa pandemi covid-19, Unika sudah melaunching 15 buku. Dan buku ini adalah buku pertama yang bisa menampilkan video,” jelas Eko.

Mengenai angka 88 dalam judul buku, Prof Ridwan menambahkan bahwa pengelompokkan tulisan di media massa oleh humas dan webmaster Unika di masa pandemi covid-19 ini, berhasil dijadikan satu sehingga ketemu jumlah yaitu 88.

“Angka 88 ini sebenarnya juga punya angka spesial, karena angka 88 ini bisa berarti tanpa batas dari civitas akademika berbuat yang terbaik bagi masyarakat. Selain itu arti lainnya, semua tulisan-tulisan atau liputan-liputan dalam buku ini menunjukkan fokus pada semua bidang baik akademik maupun bidang sosial. Sedang makna feng shui angka 8 merupakan angka keberuntungan dan kemakmuran, artinya semoga dengan berbagi dan fokus-fokus teman-teman civitas akademika itu memberikan dampak kemakmuran dan kelimpahan bagi kita semua,”pungkasnya.

Buku berjudul “88 Manifestasi Civitas Akademika di Tengah Pandemi” ini bisa didapat secara gratis di google playbooks, yang tampilan akan berubah jika ganti gadget atau perangkat.  https://play.google.com/store/books/details?id=BjHtDwAAQBAJ

(FAS)

Kategori: ,