Mengasah Kemampuan di Softskill dan Hardskill Selama Kuliah
Senin, 22 Juni 2020 | 11:02 WIB

“Selalu ada hikmah dibalik setiap kegagalan dan cobaan”, itulah motto hidup dari Ariefta Nur Shadrina, sebagai salah seorang wisudawan terbaik dalam wisuda periode II Tahun 2020 dari Jurusan Sastra Inggris Unika Soegijapranata dengan IPK 3,28. Wanita yang lahir di kota Semarang, 29 Juni 1998 ini mengambil motto hidupnya sesuai dengan pengalaman yang pernah Ia alami untuk menjadikan pribadinya seperti sekarang ini.

Ina, panggilan akrabnya, yang mempunyai hobi menyanyi dan jalan-jalan ini sebelumnya pernah bersekolah di SMA Negeri 9 Semarang. Menurutnya, genre musik apapun baginya dapat Ia terima asalkan Dia bisa menyanyikannya.

“Students’ Acceptance Towards Video Blogging as a tool in Learning English” adalah judul skripsi dari Ina. “Skripsi saya membahas tentang sejauh mana kita belajar bahasa Inggris melalui sebuah media yaitu vlog”, jelasnya.  Ide tersebut muncul karena sejak dulu Ia suka dengan bahasa Inggris melalui media lagu dan film.

Menurutnya, pada era digital seperti sekarang, youtube menjadi salah satu platform favorit banyak orang. “Banyak content creator yang memberi pelatihan bahasa Inggris melalui media youtube”, tuturnya. Oleh karena itu Ina tertarik untuk meneliti apakah  banyak orang itu suka belajar bahasa Inggris dari vlog yang mereka tonton.

Putri dari Bapak Teguh Wiyono dan Ibu Sri Agus Surarti tersebut diam-diam ternyata nyambi kerja part time di sebuah coffeshop. “Saya sudah membagi waktu masing-masing kegiatan saya. Misalnya dari pukul 08.00-16.00 saya kuliah. Setelah selesai kuliah saya melanjutkan untuk kerja part time sembari mengerjakan tugas disela-sela bekerja. Jadwal kerja setiap minggu sudah saya sesuaikan terlebih dahulu dengan jadwal kuliah dan kegiatan kampus”, tuturnya. Begitulah cara Ina dalam membagi waktu antara kegiatan dan kesibukannya dengan kuliahnya. Selain itu kalau sedang libur kerja atau pulang kuliah lebih awal dari jadwal biasanya, saya melanjutkan kegiatan di Sekolah Musik Indonesia setiap seminggu sekali.

Anak bungsu dari tiga bersaudara tersebut juga aktif dalam berbagai kegiatan organisasi kepanitiaan di luar maupun di dalam kampus. Kegiatan yang Ia ikuti di dalam kampus yakni organisasi senat fakultas. Selain itu Ia juga aktif dalam kegiatan di luar kampus yakni Aiesec education. Kegiatan tersebut menjadi menarik baginya karena Ia ingin mengexplore dirinya tidak hanya di dalam kampus tetapi juga di luar kampus. Selain itu bisa menambah teman, wawasan dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara yang pasti bakal menarik.

Memang kegiatan yang dimiliki oleh Ina cukup banyak dan pasti juga mengalami masa yang tidak menyenangkan. Menurutnya, ketika mengalami masa down yang Ia lakukan hanya berdiam dulu sendiri, setelah itu bercerita kepada temannya sembari jalan-jalan untuk refreshing sampai mood kembali membaik.

Ia juga berpesan kepada adik-adik tingkatnya bahwa ada saatnya kita males dan bosan terhadap suatu hal, tetapi jangan terus berkutat pada masalah tersebut. “Asahlah softskill dan hardskill kalian, dan jadilah generasi yang lebih baik setiap tahunnya”, pesannya. (Thobie)

Kategori: ,