Lakukan Manajemen Waktu dan Skala Prioritas
Senin, 22 Juni 2020 | 11:00 WIB

Fang, Andreas Leonardo Christianto menjadi wisudawan terbaik S-1 Teknologi Pangan dengan predikat dengan pujian pada wisuda periode II bulan Juni 2020 ini. Setiap perjalanan selama kuliah sangat berkesan bagi laki-laki yang memiliki hobi menonton film dan membaca ini. Terlebih lagi ketika ia berhasil melewati semester-semester sulit dan sibuk, khususnya semester 4 hingga semester 6, dengan hasil yang memuaskan.

Banyak sekali kegiatan yang ia ikuti selama kuliah. Beberapa di antaranya adalah menjadi Ketua Senat Mahasiswa FTP, anggota GLORY 9, berkecimpung dalam berbagai kepanitiaan seperti PTMB, FOSTER, serta menjadi asisten dosen dan asisten praktikum. Pilihan yang ditempuhnya ini sejalan dengan motto hidupnya yang berbunyi, “We don’t grow when things are easy, we grow when we face challenges”.

Menurut Aldo, sapaan akrabnya, cara memanajemen waktu seluruh kegiatannya selama kuliah adalah dengan membuat jadwal harian yang berisikan kegiatan dan tugas-tugas yang harus diselesaikan. Namun jika jadwal masih bertabrakan, ia akan membuat skala prioritas.

Topik skripsinya yang berjudul “Analisis Mikroplastik dengan Hidrogen Peroksida pada Saluran Pencernaan Ikan Bandeng (Chanos chanos) Menggunakan Instrumen Fourier Transform Infra Red” membahas mengenai analisis mikroplastik pada ikan bandeng dengan penggunaan larutan hidrogen peroksida. Penelitian skripsi yang ia lakukan ini bertujuan untuk mencari metode terbaik dalam melakukan analisis mikroplastik pada ikan bandeng, tanpa merusak bentuk atau jenis mikroplastik yang ada dalam saluran pencernaan ikan bandeng.

“Saya tertarik meneliti topik ini karena sekarang ini isu keamanan pangan tentang mikroplastik pada seafood sedang banyak dibicarakan, dan kebetulan pada waktu itu Bu Inneke, yang menjadi dosen pembimbing saya, sedang membuka topik skripsi tentang itu untuk mahasiswa sehingga saya langsung mendaftarkan diri saya,” ungkapnya.

Pastinya ada berbagai kendala yang dialami selama melakukan kegiatan penelitian, mulai dari kegiatan laboratorium yang harus dilakukan sampai malam, penggunaan alat yang jumlahnya terbatas, serta menghilangkan alat laboratorium. Meskpiun demikian, ia mengungkapkan, tetap semangat, pantang menyerah, dan fokus dengan apa yang dikerjakan menjadi cara untuk mengatasi kendala-kendala tersebut. “Buat temen-temen FTP semua, terimakasih untuk semua memori indah yang kita bangun bersama. Tetap semangat di manapun kalian berada. Stay healthy and stay positive!” pungkas Aldo. (B. Agatha)

Kategori: ,