Bercita-cita Menjadi Entrepreneur
Senin, 22 Juni 2020 | 10:42 WIB

Berawal dari keinginannya untuk menjadi seorang entreprenuer, Deo Varens Wijaya atau sering disapa Deo ini memilih melanjutkan studi di prodi manajemen Unika Soegijapranata, setelah lulus dari SMA Krista Mitra Semarang.

Dan berkat ketekunannya dalam studi, Deo berhasil menyelesaikan studi S-1 nya bahkan  terpilih menjadi wisudawan terbaik  prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis,  pada wisuda periode II tahun 2020 Unika Soegijapranata, dengan IPK 3,86.

Ketika ditanya apa yang memotivasinya sehingga terpilih menjadi wisudawan terbaik, Deo mengisahkan kesungguhannya dalam menggali ilmu, dan keinginannya yang kuat untuk menjadi seorang entreprenuer. Hal itu yang dirasakan dan dibuktikannya tidak hanya terpilih sebagai wisudawan terbaik saja tetapi juga  berhasil dibangunnya bisnis yang digelutinya sejak tahun lalu, yaitu bisnis restaurant dan catering yang diberi nama RM Padma serta produk minuman boba yang kekinian yang diberi nama Xie Xie Boba Semarang.

Deo yang merupakan anak sulung dari dua bersaudara putra Bapak Daniel dan Ibu Rose, dalam judul skripsinya juga mengupas inovasi aplikasi mobile dengan judul “Rancangan Inovasi Sistem Parkir Menggunakan Aplikasi Mobile (Studi Kasus Pada Area Parkir Basement Gedung Thomas Aquinas Unika Soegijapranata)”.

Dalam skripsinya dia menulis tentang inovasi produk yang dikembangkan sebagai penelitian skripsi atas anjuran dari dosen pembimbingnya Ibu Meniek Srining Prapti, SE MSi. Sedang dalam hal bisnis, Deo mengakui bahwa di mata kuliah PKK (Pengambilan Keputusan Kreatif) pada konsentrasi entrepreneurship yang diampu oleh Dr CH Yekti Prawihatmi MSi, telah menginspirasinya sehingga dia menemukan passionnya dan mulai membangun bisnisnya.

Berbicara kemampuan hardskill dan softskill, Deo yang memiliki hobi otomotif ini, ternyata juga aktif di berbagai kegiatan Himpunan Mahasiswa Program Studi Manajemen (HMPSM) FEB Unika Soegijapranata.

Berbagai jabatan dan kegiatan dia jalani sehingga membuat dirinya menjadi semakin matang dan berkembang softskillnya. Mulai dari kemampuan presentasi individu, public speaking, wawasan dan pertemanan yang luas, serta yang utama adalah menjadi pribadi yang tangguh dan memiliki daya juang yang tinggi seperti motto yang dipilihnya yaitu “Jangan biarkan hari kemarin merenggut banyak hal hari ini.”

Berbagai jabatan dan peran yang dia lakoni selama kuliah, antara lain adalah dalam HMPSM 2017/2018 sebagai Divisi Multimedia dan HMPSM 2018/2019 sebagai Ketua.

Sedangkan kegiatan HMPSM terbesar adalah Glowfactor tahun 2017 dan tahun 2018 yaitu ikut sebagai peserta pelatihan, serta tahun 2019  ikut sebagai panitia.

Sementara untuk ajang kompetisi Glowmention III 2017 dan Glowmention IV 2018, Deo ikut sebagai panitia, serta Glowmention V 2019 adalah sebagai penanggung jawab.

Di akhir wawancara, Deo mengutarakan harapannya dengan bekal pengetahuan dan kemampuan yang Ia miliki, dia berharap suatu saat akan siap menggantikan dan melanjutkan usaha yang dirintis ayahnya di bidang distributor food and beverage. (FAS)

Kategori: ,