Prodi Sistem Informasi Gali Masukan dan Wawasan Kerja Bersama Alumni
Jumat, 29 Mei 2020 | 13:00 WIB

Untuk mendekatkan kampus dengan dunia kerja, maka Program Studi Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Unika Soegijapranata pada hari Kamis (28/5), telah menyelenggarakan kegiatan serial yang ke-2 dengan tema ‘Sharing Alumni Tentang Kuliah dan Suasana Kerja’.

Hadir sebagai moderator sekaligus penanggung jawab acara adalah Ketua Program Studi (Prodi) Sistem Informasi Unika, Albertus Dwiyoga Widiantoro SKom MKom.

Dalam perbincangan dengan Ketua Prodi  Sistem Informasi Albertus Dwiyoga, diketahui latar belakang kegiatan yang penyelenggaraan kali ini merupakan kegiatan Serial ke-2 dari rentetan kegiatan serial yang telah dan akan dilaksanakan satu minggu sekali.

“Dalam kegiatan serial ini, kami mencoba menggali masukan-masukan apa saja yang bisa kita dapatkan untuk pengembangan Prodi Sistem informasi di masa mendatang. Kami akui pula untuk tahap awal, pemateri kegiatan serial ini memang masih  banyak didominasi oleh alumni dari program gametechnology, hal tersebut karena program gametechnology adalah  angkatan awal Prodi kami, sehingga banyak mahasiswa dari program  gametechnology yang  lebih dulu lulus,” ungkap Dwiyoga.

Dan dari mereka alumni Prodi kami ini, banyak yang bekerja di pekerjaan yang sama yaitu pengembangan game di perusahaan-perusahaan ternama di Indonesia. Sehingga kami coba kumpulkan bersama, namun tentu bukan hal yang mudah, makanya kami adakan kegiatan serial ini supaya secara bergantian para alumni bisa hadir membagikan pengalamannya di dunia kerja, lanjutnya.

Dalam kegiatan serial ke-1, kita banyak menggali apa yang menjadi harapan para alumni untuk pengembangan Prodi Sistem Informasi, dan tampaknya ada beberapa masukan yang mereka berikan, antara lain proses magang dengan waktu cukup panjang (3 – 6 bulan), penyelenggaraan pameran produk hasil karya mahasiswa, dan adanya pengetahuan baru yang disampaikan oleh para dosen dalam kuliah.

“Dengan kegiatan serial ini saya berharap pengalaman yang dibagikan oleh para alumni ini bisa ditangkap secara baik oleh mahasiswa sehingga dapat menambah wawasan dan kepercayaan diri para mahasiswa bahwa apa yang menjadi pilihan studinya memiliki prospek masa depan yang pasti seperti yang disampaikan oleh para alumni,” jelas Dwiyoga.

Jadi para mahasiswa akan mendapatkan gambaran yang utuh dan riil mengenai bidang kerja yang akan mereka geluti sesuai dengan bidang keilmuannya seperti game, analisa, atau programming. Dan pekerjaan itu memang riil ada, tinggal bagaimana mahasiswa dan calon mahasiswa ini meyakini dan belajar dengan semangat supaya apa yang dipilih menjadi pilihan yang tepat di kemudian hari, ucapnya.

“Khusus di Serial ke-2, mahasiswa dan calon mahasiswa akan mendapat sharing pengalaman dari para alumni yang studi lanjut S-2 di Taiwan, kemudian ada juga yang bekerja sebagai programmer  yang akan mengembangkan diri di bidang e-commerce pada sebuah perusahaan di Jakarta maupun yang bekerja sebagai programmer  di bagian IT pada salah satu institusi pendidikan di Kota Semarang,” paparnya.

Sedangkan upaya lain yang dilakukan oleh Prodi Sistem Informasi diantaranya adalah menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan seperti misalnya PT BCA Tbk, PT Indomarco Group, dan UMKM rintisan, dengan harapan mahasiswa bisa magang atau berpeluang bekerja di perusahaan tempat mereka menyelesaikan magangnya. (FAS)

Kategori: ,