Bimbingan Skripsi Jadi Mudah di Masa Sulit
Jumat, 1 Mei 2020 | 13:10 WIB

Damasia Linggarjati, dosen Fakultas Psikologi, adalah salah satu dari sekian banyak dosen yang telah memanfaatkan DELTA untuk bimbingan skripsi. Selain memang saat ini tidak memungkinkan bimbingan tatap muka, fasilitas Delta yang kian bertambah menurutnya sangat membantu proses bimbingan.

Jika sebelumnya hanya menjadi dokumentasi elektronik untuk aktivitas bimbingan tugas akhir, setelah masa Covid-19 bertransformasi sebagai platform bimbingan daring yang terintegrasi dengan software vicon dan terhubung dengan proses ujian skripsi.

“Mahasiswanya jadi senang pakai platform bimbingan seperti ini,” katanya. Padahal awalnya saya dengar platformnya sulit dipelajari bagi dosen-dosen yang bukan generasi Y. Ternyata mudah juga. Apalagi bimbingan ini bisa direkam jika dibutuhkan. Mahasiswa juga bisa lebih paham daripada sekedar baca komentar bimbingan.

Unika Soegijapranata diakuinya cukup gercep atau gerak cepat merespon perubahan yang mendadak ini. Padahal yang lain masih tergopoh-gopoh menyikapi perubahan yang mendadak seperti ini.

Rasa bangga dan salut dia sampaikan untuk tim hotline yang bersedia membimbing dan mendukung layanan digital ini. Saya tidak membayangkan tanpa kesiapan seperti ini, bagaimana melayani hak-hak mahasiswa. Tentu akan lebih sulit dan tidak efektif.

Novi memberikan semangat kepada dosen-dosen dan mahasiswa-mahasiswa Unika, tidak mudah untuk belajar hal baru, namun juga bukan hal yang sulit. Terutama ketika kita tidak mungkin lagi mengadakan bimbingan tatap muka.

Kategori: ,