BERBAGI DI MASA PANDEMI ALA FK UNIKA SEMARANG
Senin, 18 Mei 2020 | 20:42 WIB

Di akhir serial webinar Bulan Mei 2020, tim FK Unika memberikan warna baru. Dengan mengangkat tema “SESAMAKU PAHLAWANKU” FK Unika membagikan tips dan pelatihan bantuan hidup dasar bagi masyarakat umum. Webinar terakhir ini, sedikit berbeda dengan webinar pada seri sebelumnya. Tim kreatif FK Unika melakukan simulasi bantuan hidup dasar dalam kemasan suasana masyarakat Indonesia yang kental dengan rasa solidaritas. Kearifan lokal inilah yang diangkat dalam webinar kali ini yaitu, bagaimana bisa menjadi pahlawan bagi sesama yang mengalami henti jantung.

Dalam pengantarnya dr. Jonsinar Silalahi, MSi.Med, Sp.B, Sp.BA, menggarisbawahi bahwa terkadang masyarakat kita salah kaprah ketika melihat sesama yang pingsan. Banyak yang masih beranggapan bahwa yang berhak menolong hanyalah dokter atau tenaga kesehatan. Ini keliru karena yang menjadi penolong pertama sebenarnya menjadi tanggungjawab siapa saja yang berada di sekitar korban. Nah di webinar ini, Tim Kreatif FK Unika telah mempersiapkan tips menolong sesama yang mengalami henti jantung dengan sangat baik, pungkas wakil dekan kemahasiswaan FK Unika Semarang.

Dekan FK Unika Soegijapranata, Dr. Indra Adi Susianto, M.Si., Med., Sp.Og, mengatakan bahwa FK Unika memiliki dedikasi yang sangat besar dalam upaya membantu masyarakat untuk menolong dirinya sendiri maupun sesamanya. Fokus utama kami saat ini adalah mengedukasi dan mendorong peran serta masyarakat untuk bisa menyelamatkan nyawa sesama yang berada di sekitar kita ketika terjadi masalah atau gangguan kesehatan. Langkah ini tidak perlu dilakukan dengan upaya yang luar biasa, cukup dengan menjadi penolong bagi sesama yang mengalami henti jantung misalnya. Selain itu, beliau juga mengungkapkan bahwa FK Unika juga punya standar yang tinggi untuk semua pesan ataupun komunikasi yang diberikan kepada masyarakat selama webinar, sehingga masyarakat dijamin menerima informasi yang sudah terbukti kebenarannya.

Ketua panitia penyelenggara webinar series FK Unika Semarang, Perigrinus H. Sebong, MPH bersama koordinator multimedia, dr. Jessica Christanti, M.Kes menyampaikan bahwa kurang lebih sudah sebulan TIM FK Unika telah bekerja maksimal untuk menghadirkan webinar yang bermanfaat di masa pandemic ini. Webinar ini melibatkan semua civitas akademika FK Unika Semarang mulai dari para dosen, tenaga kependidikan, laboran. Tidak hanya itu, perwakilan mahasiswapun dilibatkan sebagai moderator acara tersebut, sebagai kesempatan untuk mengembangkan kemampuan memandu diskusi dan public speaking mereka.
Tentu ini semua di luar dugaan kami karena banyak partisipan yang turut mengikuti webinar ini. Kami mencatat peserta yang mendaftar dan mengikuti berasal dari berbagai wilayah di Indonesia dan dari berbagai latar belakang disiplin ilmu dan instansi. Ini adalah input yang baik bagi kami untuk bisa menghadirkan pesan kesehatan yang informatif dan persuasive kepada masyarakat. Selama pelaksanaan webinar kami juga mendapat banyak masukkan baik dari berbagai pihak termasuk para peserta. Ini semua menjadi motivasi sekaligus sebagai bahan evaluasi yang sangat berharga bagi kami.

Pada kesempatan ini, atas nama seluruh panitia penyelenggara webinar series FK Unika Semarang, kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan waktu dan ide diskusi yang luar biasa selama kegiatan webinar berlangsung. Semoga saran dari semua pihak menjadi doa bagi kami untuk memberikan hasil yang lebih baik lagi ke depannya.
Nantikan kami di kegiatan virtual lainnya bersama FK Unika Semarang.

Webinar dengan tema”SESAMAKU PAHLAWANKU” akan dilaksanakan pada tanggal 20 Mei 2020 Pkl. 15.00 WIB-selesai. Untuk peserta yang ingin mendaftar bisa mengunjungi https://forms.gle/D65trafjciJpSpTF6. Link Webinar akan kami kirimkan setelah Bapak/Ibu sudah submit google form. Bila ada pertanyaan bisa menghubungi narahubung Sella Oktaviana (WA: 082119527227).

**Salam Sehat**

Kategori: ,