VIRTUAL Unika Job & Internship Fair, Kiprah Unika di Tengah Pandemic
Kamis, 23 April 2020 | 13:50 WIB

Unika Soegijapranata memasuki usia ke-38 tahun 2020 ini. Peningkatan jumlah lulusan pada sekian periode wisuda ini sangat berpengaruh dalam penyaluran ke dunia kerja. Apalagi dengan kebijakan baru dari Rektor, bahwa wisuda diadakan 4 kali dalam satu tahun. Namun di tahun cantik 2020 ini, wisuda periode Maret tertunda pelaksanaannya karena pandemic covid-19. Hal ini berimbas pula pada semua kegiatan, tak terkecuali JOB FAIR yang sekiranya diadakan pada pertengahan April 2020.

Unika Soegijapranata tidak tinggal diam dan tetap berupaya agar akitvitas utama tetap berlangsung meskipun dibatasi dengan berbagai aturan seperti social distancing dan physical distancing. Perkuliahan secara daring dilakukan dengan menggandeng 3 provider telekomunikasi agar mahasiswa dipermudah dalam perkuliahan. Demikian juga dengan kegiatan JOB FAIR, yang telah direncanakan sejak Januari lalu diupayakan oleh SSCC untuk tetap berlangsung. Sekurang-kurangnya 20 perusahaan yang sekiranya telah mendaftar bergabung dalam Job Fair April ini, dengan terpaksa mundur dan tinggal 5 perusahaan yang bertahan.

Wakil Rektor III, ibu Dr. Kristina Ananingsih, ST, MSc. sebagai penanggungjawab Job Fair menyatakan bahwa kegiatan yang biasa disebut Unika Job Fair (UJF), kali ini berubah menjadi VIRTUAL Unika Job & Internship Fair atau disingkat VUJIF.

“Salah satu  program kerja dari UPT Pusat Pengembangan Karir Mahasiswa Unika atau SSCC – Soegijapranata Student Career Center adalah menyalurkan para lulusan ke dunia usaha/kerja, serta membimbing para lulusan untuk memiliki soft skills yang unggul. Dan salah satu upayanya adalah menggandeng perusahaan-perusahaan mitra untuk turut andil dalam membuka rekrut SDM melalui Job Fair atau sekarang disebut VUJIF ini,” jelas beliau.

“Kami menyadari perusahaan mitra yang mundur dari job fair, namun kami tetap berusaha menjembatani kebutuhan perusahaan serta kebutuhan para lulusan Unika dan juga masyarakat akan pekerjaan. Salah satu upaya kami adalah Job Fair dalam bentuk VIRTUAL,” tambah bu Tina.

“Di masa yang sulit ini, puji Tuhan masih ada beberapa perusahaan mitra yang bergabung dan membuka lowongan kerja. SSCC menanggapinya untuk tetap menyelenggarakan Job Fair dengan berbagai perubahan pola kegiatan. Dari kegiatan yang mengharuskan jobseeker untuk hadir di area kegiatan, menjadi bentuk lain yang didukung penuh oleh IT,” jelas Yuliana, Kepala SSCC dan ketua pelaksana VUJIF.

Minggu terakhir April selama 4 hari yaitu tanggal 27 – 30 April, VUJIF akan membuka lowongan kerja secara virtual kepada para alumni Unika dan masyarakat luas. Kami berharap, Virtual UJIF ini benar-benar mampu menjembatani kebutuhan para job seeker dan perusahaan, memberikan pengharapan baru bagi kedua pihak,

Namun demikian pada VUJIF kali ini, layanan Internship/ magang bagi mahasiswa Unika belum terealisasi dengan baik. Perusahaan mitra yang telah mendaftar sebelumnya dan akan merekrut mahasiswa aktif untuk dapat magang, tidak dapat memenuhi karena kondisi perusahaan yang berubah.

Perbedaan mendasar dalam VUJIF kali ini adalah job seeker dimanapun berada cukup apply pada link jobfair.unika.ac.id pada hari H dengan melampirkan 1 file (pdf / word) berisi surat lamaran, Curriculum Vitae , ijasah dan ketrampilan lain dengan ukuran maksimal 3 MB. Kami menyediakan aplikasi ini untuk memudahkan para job seeker dan perusahaan mitra, maupun bagi SSCC untuk menyusun laporan kerja. Posisi lowongan kerja dapat dilihat oleh para job seeker pada aplikasi tersebut.

Sedangkan bagi alumni atau mahasiswa aktif Unika, perusahaan akan mendapatkan fasilitas lebih yaitu dapat meng-akses informasi transkrip nilai dan SKPI (surat keterangan pendamping ijasah) sebagai pengganti CV. Sehingga para mahasiswa ataupun alumni hanya menyediakan 1 file tambahan yang belum tertera pada SKPI, yaitu kegiatan eksternal lain.

Perlu untuk diketahui bahwa Virtual UJIF ini adalah sebuah kegiatan yang legal/ terdaftar di Disnaker. Selain itu, Virtual UJIF ini adalah merupakan bentuk CSR / Corporate Social Responsibility = Tanggung Jawab Sosial dari Unika bagi masyarakat sekitar. (yoel-sscc)

Kategori: ,