VIRTUAL UNIKA Job Fair, Tembus 500 Pengunjung
Selasa, 28 April 2020 | 13:55 WIB

Telah diberitakan sekian hari jelang even bahwa dalam masa sulit ini Unika berhasil menggandeng beberapa perusahaan untuk open recruitment, seperti yang telah dijadwalkan dalam agenda tahunan. Unika Job Fair yang telah berganti nama dengan VIRTUAL Unika Job Fair ini telah dibuka sejak tanggal 27 April.

Sejak dibukanya Virtual Job Fair sampai dengan berita ini diturunkan, telah masuk 530 lebih pengunjung link job fair , baik dari dalam maupun dari luar kota.
“Prediksi kami, akan ada 500 pengunjung selama job fair dalam masa sulit ini, karena perusahaan yang bertahan dengan oprec juga 5 saja. Sementara untuk Job Fair terdahulu, kami menggandeng lebih dari 30 perusahaan,” jelas Yuliana, ketua pelaksana kegiatan.

Dari 5 perusahaan tersebut, tersedia 45 posisi lowongan kerja. Berbeda jauh dengan periode terdahulu, dengan 30 lebih perusahaan yang oprec, akan tersedia sekitar 250 lebih posisi lowongan kerja , dikunjungi 1.200 orang. Ataupun periode April 2019, dengan 37 perusahaan menyediakan hampir 300 posisi  dan dikunjungi lebih dari 1.500 orang yang umumnya adalah dari luar Unika atau bukan lulusan Unika.

Berbeda pada Job Fair kali ini, sebanyak 70% pengunjung adalah alumni Unika. Selebihnya adalah dari perguruan lain di Jawa Tengah dan DIY, baik perguruan tinggi negeri maupun swasta. Virtual Job Fair ini juga dikunjungi oleh lulusan SMA/SMK yang risain dari pekerjaan terdahulu, dan ada perusahaan yang di-apply oleh mereka.

Pembantu Rektor III, ibu Dr. Kristina Ananingsih, ST. MSc, menyatakan bahwa Virtual Job Fair ini merupakan inovasi terbaru dari kampus Unika, bukan hanya  untuk menyikapi dampak dari wabah covid-19 namun sudah terencana sejak akhir tahun lalu. “Layanan info dan apply ke perusahaan kami layani melalui on-line, sehingga memudahkan job seeker yang memang masih harus di rumah saja”. Hal ini akan sangat membantu para alumni dan lulusan siapkerja dari perguruan tinggi maupun SMA/SMK pada umumnya.

Ditambahkan pula oleh Yuliana, Unika terus melakukan inovasi-inovasi yang menjadikan unggulan yang diharapkan bermanfaat bagi masyarakat. Aplikasi job fair inipun akan memberikan nilai lebih untuk masyarakat sekitar, bagi perusahaan mitra dan pastinya bagi Unika sendiri untuk keberlanjutan.

“Dengan on-line seperti ini, kami langsung mendapatkan data terbaru dan terolah dengan baik, sehingga pimpinan kamipun akan dapat cepat mengambil informasi itu untuk dijadikan sebuah keputusan atau kebijakan tertentu,” tandasnya.

Virtual Job Fair ini akan berakhir pada hari Kamis, tanggal 30 April pada jam 12.oo. Bagi para job seeker, silahkan untuk menggunakan waktu 2 hari kedepan sebaik-baiknya. (yoel-sscc)

 

 

 

Kategori: ,