Prodi RIL Unika Luncurkan Media Edukasi COVID 19
Kamis, 2 April 2020 | 16:26 WIB

Laman RIL Kanal SDG’s Ep. #2 : Let’s Fight Corona!

Program studi Rekayasa Infrastruktur dan Lingkungan (RIL) Unika Soegijapranata baru-baru ini telah merilis media streaming yang merupakan media edukasi publik dan juga sarana diskusi serta diseminasi tentang masalah-masalah ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya tentang Sustainable Development Goals (SDGs), demikian dijelaskan oleh Dr Rr MI Retno Susilorini ST MT sebagai Ketua Program Studi RIL Unika Soegijapranata, Kamis (2/4) melalui wawancara telepon.

Dalam keterangannya, Dr Retno Susilorini menyampaikan bahwa SDGs merupakan tujuan pembangunan berkelanjutan yang ditetapkan oleh United Nation atau PBB yang harus dicapai secara global pada tahun 2030.

Dengan demikian kami ingin sekali mensosialisasikan isu-isu dalam SDGs atau pembangunan berkelanjutan itu secara lebih menyenangkan dan populer kepada khususnya para generasi muda, lanjutnya.

Jadi dalam SDGs itu ada 17 tujuan yang ingin dicapai, dan kami ingin satu per satu dari 17 tujuan itu diangkat sesuai dengan keadaan yang terbaru atau terkini. Seperti yang telah kami luncurkan dalam laman you tube RIL Kanal SDGs ep #1 yaitu pada minggu ketiga bulan Maret kemarin kami angkat topik tentang air karena bertepatan dengan hari air sedunia.

Sedangkan saat ini karena sedang mendesak dengan keprihatinan terkait masa krisis akibat virus corona atau COVID 19, kami berusaha memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya generasi muda yaitu mulai dari pendidikan dasar sampai dengan pendidikan tinggi, yang karena virus COVID 19 harus belajar dari rumah.

https://youtu.be/jkUHul4pBro

Maka kami berharap dengan RIL Kanal SDGs ep # 2 ini dapat mensosialisasikan cara-cara paling mudah dipahami oleh generasi muda tersebut sesuai dengan anjuran WHO dalam mencegah pandemi COVID 19 yaitu dengan mencuci tangan dan menjaga kesehatan diri secara pribadi dengan tidak memegang wajah karena penularan virus tersebut melalui pernafasan dan selaput lendir yaitu di mata, hidung dan mulut, imbuhnya.

Tim RIL Kanal SDGs ini terdiri dari dosen muda dari prodi RIL dan para mahasiswa, yang tergabung dalam UKM videografi RIL dengan nama STRIPE. Dalam artian para mahasiswa ini secara original menggambar sendiri animasinya, bahkan dalam kanal RIL SDGs ini memiliki karakter sendiri-sendiri sesuai dengan karakter para dosen dan mahasiswa.

“Kami bercita-cita kanal ini menjadi salah satu kanal andalan bagi RIL dan Unika supaya lebih dikenal di masyarakat terutama generasi muda dengan cara-cara yang milenial,” jelas Dr Retno.

Karya-karya para mahasiswa ini juga akan diuruskan hak ciptanya, karena dalam akreditasi nantinya, karya-karya mahasiswa tersebut menjadi suatu hal yang diperhitungkan. Kami juga berharap para mahasiswa ini juga bisa mencapai prestasi dan mendapatkan pengalaman yang riil di dalam kehidupan, pungkasnya. (FAS)

Kategori: ,