FTP Unika Gunakan Sistem Informasi Terpusat Di Tengah Pandemi
Rabu, 22 April 2020 | 17:04 WIB

Contoh foto laman pada Gsites Fakultas Teknologi Pertanian, Unika Soegijapranata

Di tengah pandemi COVID-19 ini, mahasiswa melakukan kuliah dan belajar dari rumah sejak pertengahan maret 2020. Keadaan ini membuat mahasiswa memerlukan sistem informasi yang akurat dari fakultas.

Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Unika Soegijapranata menyediakan layanan informasi terpusat menggunakan Google Sites yang di-launching pada Februari 2020. Situs ini dapat diakses oleh seluruh mahasiswa FTP Unika menggunakan email unika.

Dalam laman ini memuat informasi akademik dan non-akademik baik untuk Program S1 maupun Program S2.

Beberapa sub informasi yang dapat diakses adalah seputar perkuliahan, ujian, Kerja Praktek, maupun Skripsi/Tugas Akhir.

“Demi mendukung pemahaman mahasiswa terhadap keseluruhan prosedur & pedoman yang berlaku di FTP serta mengoptimalkan penyebaran informasi internal, maka FTP Unika Soegijapranata mengembangkan sistem informasi internal terpusat dengan tetap mempertahankan keamanan informasi”, papar Dea N. Hendryanti, S.TP., MS selaku Sek. Program Studi S1 FTP Unika.

Lebih lanjut, sistem ini kemudian lebih dikenal sebagai Gsites FTP karena memanfaatkan fasilitas Google Sites. Dalam sistem ini, mahasiswa FTP Unika bisa mendownload informasi yang sifatnya akan diimplementasikan dalam jangka waktu tertentu. Untuk penyebaran pengumuman yang sifatnya sesaat dan segera, masih menggunakan media sosial instagram, Line dan facebook.

Sebagian besar mahasiswa mengakses instagram setiap harinya. Hal ini memungkinkan pula penyebaran informasi dengan cepat. Instagram yang digunakan merupakan akun @ftpunika dan @smftp_scu yang merupakan akun senat mahasiswa FTP.

Risang, mahasiswa FTP angkatan 2017 menyampaikan bahwa adanya Gsites FTP ini sangat membantu kita semua untuk mendapatkan informasi, termasuk bila sedang tertinggal informasi yang di share di grup angkatan, Risang cukup membuka Gsites FTP saja. Namun, mungkin beberapa mahasiswa ada yang belum efektif menggunakan Gsites, sehingga informasi yang biasa di share di grup perlu juga dicantumkan link Gsites lebih sering agar mahasiswa selalu ingat bahwa seluruh informasi dapat diakses lewat laman ini.

“Dalam kondisi Work From Home saat ini, adanya suatu media sebagai sumber informasi sangat penting sehingga mahasiswa tidak kebingungan tracking jejak pengumuman/file. Semoga dapat dimanfaatkan optimal oleh mahasiswa”, tandas Dea N. Hendryanti, S,TP., MS

Kategori: