FAD Unika Distribusikan APD Face Shields
Kamis, 2 April 2020 | 10:26 WIB

Dekan FAD Unika Soegijapranata Dra B Tyas Susanti MA PhD saat menyerahkan donasi face shield di ruang kerjanya

Unika Soegijapranata yang memiliki motto talenta pro patria et humanitate, menjadi semakin teruji tatkala kita dihadapkan pada wabah virus COVID 19 yang menjadi pandemi di Indonesia khususnya Kota Semarang. Terlebih dengan mulai meningkatnya korban yang terpapar virus mematikan ini.

Berangkat dari keprihatinan ini, Fakultas Arsitektur dan Desain (FAD) Unika Soegijapranata, pada Selasa lalu (31/3) dengan dipimpin oleh Dekan FAD Dra B Tyas Susanti MA PhD telah berinisiatif untuk membagikan APD (Alat Pelindung Diri) face shield yang sangat dibutuhkan oleh para dokter dan tim medis lain yang menjadi garda terdepan penanggulangan pasien COVID 19 di beberapa rumah sakit di Kota Semarang.

“Awalnya kami banyak mendengar dan melihat jumlah korban sebagai akibat dari virus COVID 19 melalui media, terutama para medis yang berjibaku untuk menangani pasien yang terpapar virus COVID 19 di rumah sakit khusus Corona,” jelas Santi saat ditemui di ruang kerjanya di gedung Henricus Constance.

Selanjutnya dalam kondisi tersebut, ada salah satu rekan dosen kami di prodi Arsitektur Unika yaitu Gustav Anandhita ST MT yang menjadi anggota Komunitas Arsitektur Semarang (KAS) menyampaikan bahwa komunitas tersebut bisa membuat salah satu APD yang saat ini sangat dibutuhkan oleh tim medis saat menangani pasien virus COVID 19, yaitu face shield.

Mendengar hal tersebut muncullah keinginan kami dari FAD Unika Soegijapranata untuk mencoba menyiapkan dan mendonasikan peralatan APD face shield tersebut bagi para dokter dan tim medis lainnya di beberapa rumah sakit di Kota Semarang, lanjut Santi.

“Dengan jumlah yang terbatas kami coba distribusikan APD face shield yang kami pesan dari KAS tersebut ke beberapa rumah sakit di kota Semarang, diantaranya rumah sakit dr Kariadi dan rumah sakit St Elisabet,” terangnya.

Tentu saja harapan kami, dengan APD yang kami distribusikan ini dapat membantu memenuhi kebutuhan APD tim medis yang tampaknya sudah mulai langka.

“Saya juga menghimbau kepada masyarakat agar tetap mematuhi anjuran pemerintah salah satunya social distancing, untuk memutus mata rantai pandemi COVID 19, demi untuk melindungi orang-orang yang kita cintai agar tidak terpapar virus COVID 19,” pesannya. (fas)

Kategori: ,