Apresiasi Bagi 5 Perusahaan Mitra Dalam VUJIF 2020
Rabu, 29 April 2020 | 13:16 WIB

Adalah sebuah sukacita yang tampak pada wajah Wakil Rektor III, ibu Dr. Kristina Ananingsih, ST., MSc. , ketika menerima berita tentang kenaikan jumlah visitors Virtual Unika Job Fair hari ini, yaitu mencapai 615 siang ini.

“Banyak ya pengunjungnya , meskipun lowkernya terbatas. Kemarin siang 500 visitor kan?,” kata beliau. Oleh karena itu, bu Tina selaku wakil pimpinan universitas menyampaikan apresiasi kepada lima perusahaan yang andil dalam terlaksananya virtual job fair yang pertama kali ini.

“Terimakasih kepada Anugerah Perdana (Anugrah Group), Kantor Akuntan Publik PHO , Honda Semarang Center, Konimex dan Rifan Financindo Berjangka atas kerjasama yang luar biasa ini. Semoga melalui virtual unika job fair ini akan mendapatkan SDM yang sesuai dengan harapan,” sambung beliau.  Perlu diketahui bahwa dari 5 perusahaan mitra, disediakan 45 posisi lowongan kerja.

Lima logo perusahaan mitra pada poster

Saat ditemui, ibu Yuliana, Kepala SSCC-Pusat Karir dan sebagai Ketua Pelaksana kegiatan ini menyatakan bahwa job fair yang pertama kalinya dilaksanakan secara virtual di tengah pandemic ini merupakan hal yang luar biasa. Lulusan terbaru / fresh graduate Unika yang semestinya diwisuda Maret lalu, seakan mendapatkan angin segar dengan adanya virtual job fair ini.

“Unika sangat luar biasa, karena dapat menyelenggarakan job fair di tengah pandemic namun masih dengan memperhatikan aturan pemerintah untuk social dan physical distancing,” ujar Sony Hendrawan, lulusan Fakultas Hukum yang semestinya diwisuda Maret 2020.

Kekuatiran akan tidak mendapatkan kerja adalah hal yang selalu disampaikan oleh para lulusan. Pusat Karir Unika – SSCC, menjembatani akan kebutuhan ini. Sesuai dengan visi misi dari unit ini yaitu mempunyai kewajiban untuk menyalurkan para lulusan menuju dunia kerja dan menjalin kerjasama dengan organisasi / perusahaan.

“Kami mengucapkan terima kasih pula kepada Rektor kami, Prof Ridwan Sanjaya yang visioner. Bulan Agustus tahun lalu, beliau telah mencanangkan bahwa tahun 2020 Unika akan menjalankan Virtual Job Fair. Dan kami agak dipaksa oleh kondisi saat ini, untuk meluncurkan Virtual ini lebih cepat dari rencana kami yaitu bulan Juni mendatang. Saat ini adalah lebih tepat,” jelas bu Yuliana.

Sementara itu, angka pada aplikasi virtual job fair ini terus bertambah. Para jobseeker yang mengunjungi aplikasi ini berasal dari dalam kota dan luar kota. Mereka adalah para lulusan dari perguruan tinggi negeri maupun swasta yang tersebar di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Didapatkan data juga bahwa lulusan Diploma maupun SMA/SMK juga mengunjungi dan apply pekerjaan.

“Unika Job Fair selalu memberikan peluang bagi semua lulusan, baik dari perguruan tinggi maupun setingkat SMA/SMK. Kami persilahkan juga bagi perusahaan untuk oprec dengan kualifikasi tersebut pada saat jobfair. Ini merupakan CSR kami untuk masyarakat umum,” jelas bu Yuli. “Kami juga sharing info job fair ini ke grup pengurus Bursa Kerja Khusus Semarang.”

Menurut bu Yuli, virtual job fair ini mendapatkan respon positif dari para job seeker.  Kesan positif ini dapat terbaca pada kues yang harus diisi oleh job seeker, yang dapat diakses oleh admin jobfair.

“Kami tidak menyangkal bahwa publikasi kami tidak segencar ketika job fair seperti biasanya karena berbagai kondisi. Biasanya kami pasang baliho, spanduk, talkshow di radio dan pers conference dengan wartawan media cetak/ online. Namun dengan keterbatasan ini, kami mengandalkan publikasi melalui medsos website unika, instagram – facebook SSCC , serta kerjasama tim kami yang share poster ke berbagai WA-group dan akun akun pribadi. Harapan kami, dalam waktu 1 minggu berita Virtual Unika Job Fair ini dapat diterima oleh para alumni dan masyarakat umum. Puji Tuhan, dapat kami lalui, terima kasih para jobseeker yang memberikan masukan berarti.”

Bagi para job seeker yang belum bergabung, silahkan untuk mengunjungi jobfair.unika.ac.id dengan terlebih dulu melihat info lowongan kerja pada aplikasi UNIKA Job Fair yang dapat diunduh melalui playstore. Kesempatan ini akan berakhir besok Kamis, 30 April 2020 pukul 12.00. (yoel-sscc)

 

Kategori: ,