Unika Soegijapranata Siapkan Program Inovatif
Senin, 16 Maret 2020 | 8:43 WIB

SM 14_03_2020 Unika Soegijapranata Siapkan Program Inovatif

Unika Soegijapranata menyiapkan program inovatif untuk merespons kebijakan Kampus Merdeka yang dicanangkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Makarim. Hal itu disiapkan dengan satu diantaranya menggelar pelatihan ”Workshop in Designing General Education Curricula” di Griya Persada, Bandungan pada 6- 7 Maret.

Wakil Rektor I Bidang Akademik Unika Soegijapranata, Cecilia Titiek Murniati PhD mengatakan, program inovatif itu nantinya akan diterapkan di untuk kampus Unika Soegijapranata yang baru di Bukit Semarang Baru. Rangkaian kegiatan yang sudah dirancang sejak 2017 ini juga bertujuan untuk menjalani Revolusi Industri 4.0 dan disruptive innovation.

”Program inovatif Unika Soegijapranata direncanakan pada tahun ajaran 2021/2022. Program yang dirancang sejak 2017 ini ternyata sangat sesuai dengan kebijakan Kampus Merdeka yang memberi ruang mahasiswa untuk bisa mengambil mata kuliah di program studi lain,” kata Cecilia, Rabu (11/3).

Pada program ini mahasiswa akan bisa mengambil mata kuliah di program studi lain di Unika Soegijapranata 21st century skills seperti leadership, teamwork, critical and analytical thinking, serta technology literacy. Semua pengetahuan ini diharapkan bisa sesuai bidang ilmu yang harus dimiliki mahasiswa.

Terkait pelatihan di Bandungan lalu, Cecilia menjelaskan, para dosen pengampu di program baru mendapatkan kuliah penyegaran terkait filsafat pendidikan, metode pembelajaran, blended learning, dan sistem penjaminan mutu pendidikan.

”Rangkaian program ini didukung oleh United Board of Christian Higher Education in Asia sejak 2017 sampai sekarang,” kata dia.

►Suara Merdeka 14 Maret 2020 hal. 16

Kategori: