TETULUNG: KUOTA BAGI MAHASISWA
Senin, 30 Maret 2020 | 11:02 WIB

No one left behind. Karena pada hakikatnya pendidikan adalah memerdekakan
Seminggu sejak diberlakukannya kuliah daring di Universitas Katolik Soegijapranata, dinamika yang baru terjadi. Baik di dosen, tenaga kependidikan maupun mahasiswa. Aktivitas yang membuat semua orang belajar, kawatir tapi sekaligus menyenangkan. Dari obrolan-obrolan kecil di grup Whats App, Fakultas Ekonomi dan Bisnis menangkap tidak semua mahasiswa siap secara finansial untuk menghadapi perubahan ini. Meskipun jumlahnya tidak banyak, namun sesedikit apa pun, FEB tidak ingin adalah yang terpinggirkan dalam proses belajar mengajar daring ini. Semua mahasiswa harus menikmati kesempatan yang sama, dan yang lebih penting lagi adalah tidak adanya kekawatiran dan rasa takut dalam proses pembelajaran.

“Melihat hal ini, sejak tanggal 21 Maret 2020, Dekanat, para Ketua Program Studi dan seluruh dosen FEB nyengkuyung suatu kehendak baik yang kami sebut sebagai TETULUNG. Membuat poster kecil, merancang mekanisme pencarian donatur dan menawarkan ke mahasiswa siapa yang saling membutuh dilakukan dalam waktu yang sangat cepat. Para dosen bahu membahu untuk menyebarkan ke alumni dan para donatur. FEB tidak hanya mengajak semua yang merasa tergerak, namun juga menggandeng alumni, dan teman mahasiswa sendiri. Kalimat “tak semua temanmu seberuntung kamu” tampak menggunggah cukup banyak mahasiswa untuk berbagi bagi temannya. Ini bukan perkara banyak atau sedikit. Hati yang tergerak itu yang membuat kami yakin bahwa cinta ada dimana-mana, cinta bisa bergerak cepat, cinta harus dibagikan.
Pada tanggal 26 Maret 2020, saat pengumpulan dana ditutup TETULUNG berhasil memperoleh dana sebesar Rp 11.825.000 dari 31 orang donatur. Dana ini disalurkan bagi mahasiswa dengan memerhatikan provider kartu yang mereka miliki. Terdapat 20 mahasiswa yang mendapat bantuan ini, dalam bentuk transfer kuota seharga Rp 100.000. Sisa dana masih disimpan untuk keperluan mahasiswa yang lain, terutama bila pukulan COVID-19 ini tidak dapat berakhir dengan cepat.
Bencana terkadang menyatukan. Saat-saat seperti ini Compassion sebagian bagian dari spirit Triple CO, FEB Universitas Katolik Soegijapranata diuji. TETULUNG adalah upaya kecil, cinta yang besar bagi mahasiswa. Selamat kuliah dengan tenang, karena kalian – mahasiswa – begitu berharga bagi kami.
[~air~, 30 Maret 2010]

Kategori: ,