Terobosan Kerjasama Unika – PT. APRIL : “Apapun Progdimu, APRIL Tujuan Kerjamu”
Rabu, 4 Maret 2020 | 15:48 WIB

Pagi tadi, tanggal 4 Maret 2020, bertempat di Ruang Coklat – gedung Mikael lantai 3, berlangsung pembicaraan yang sangat menyenangkan antara bapak Jahja dan bu Christine dari PT. APRIL Management Indonesia dengan bapak Dr. Leonardus H – Kaprogdi FT. Elektro , bapak Daniel H, ST – Kaprogdi Teknik Sipil dan ibu Dhiyah, ST dari progdi FTIL. Kepala Soegijapranata Student Career Center – SSCC  , ibu Yuliana, telah melakukan kontak via whatsapp beberapa waktu lalu dengan pihak APRIL, sebagai jembatan penghubung antara fakultas-universitas dengan pihak company.

APRIL Group adalah perusahaan yang bergerak di bidang pulp and paper. Jika kita seringkali menggunakan kertas dengan logo PaperOne, maka itu adalah salah satu produk dari APRIL. Menempati area di Pangkalan Kerinci, satu setengah jam dari Riau, terdapat area yang sangat luas untuk pabrik, hutan akasia, perumahan, mall , sekolah dan berbagai fasilitas penduduk lainnya hingga dapat disebut “kota” di tengah hutan.

Sustainable Plantation Management

Asia Pasific Resources International Holdings Ltd atau disingkat APRIL , adalah salah satu perusahaan yang memproduksi pulp dan kertas di dunia. Selain itu, APRIL adalah perusahaan yang menggunakan teknologi maju dan efisien. APRIL adalah perusahaan milik orang Indonesia namun sudah go internasional, berkantor pusat di Singapura.

APRIL ini dibangun atas dasar Sustainable Forest Management Policy. Oleh karenanya, sekian ratus hektar tanah ditanami dengan tanaman pohon sebagai bahan dasar pulp dan kertas. Sementara sebagian tanah lagi ditanami dengan berbagai macam pohon dan dihuni oleh berbagai macam hewan, sebagai penyeimbang ekosistem. APRIL mempunyai visi misi bahwa yang utama adalah masyarakat dan kehidupan sekitar , dapat memberikan sumbangan yang berarti bagi alam, manusia yang menempati. Sementara kepentingan company menjaadi point terakhir.

APRIL menawarkan kerjasama dalam berbagai bidang yaitu :
1. Magang : sekitar 6 – 12 bulan, dimana mahasiswa yang melakukan magang akan diberikan pembekalan awal sekitar 2 minggu, selebihnya dalam kontrol masing-masing divisi. Mahasiswa magang akan mendapatkan fasilitas mess (asrama), transportasi antar jemput, serta uang makan.
2. Kunjungan industri : rektor ataupun dekan/kaprogdi fakultas terkait akan diantar memasuki area industri di Pangkalan Kerinci, free. Dengan demikian akan mendapatkan gambaran mengenai industri ini untuk dapat membina hubungan kerjasama.
3. Campus Hiring : Januari-Maret dan Agustus-Oktober, APRIL akan melakukan roadshow campus hiring ke berbagai perguruan tinggi untuk mendapatkan bibit-bibit baru SDM mereka.
4. Seminar/ Pelatihan Siap Kerja bagi para mahasiswa agar mereka benar-benar ready to work dan tidak shock atas pengalaman baru dalam bekerja.

Kunjungan ini mendapatkan tanggapan yang sangat baik dari pak Leo, karena sangat berkaitan dengan progdi elektro. Selain itu bu Dhiyan juga antusias akan mengadakan kunjungan industri bersama para mahasiswa , karena APRIL akan dapat membuka mata para mahasiswa akan adanya peluang kerja yang lebih luas bagi lulusan FTIL dengan mengutakaman sustainable forest manajement. Pak Daniel dari teknik Sipil-pun akan menawarkan kepada para mahasiswa dalam mata kuliah Kerja Praktik – KP, dan atau menyesuaikan kembali kurikulum magang/ KP dengan kondisi yang ada di lapangan.

Sementara itu, pak Jahja dan bu Christine dalam bincang-bincang di depan Sekretariat Universitas berkesempatan bertemu dengan ibu Dr. Kristina Ananingsih, ST., MSc. – Wakil Rektor III. Pembicaraan berlanjut dengan bapak Benny L Danang, SH. LLM – Wakil Rektor IV dan memberikan peluang untuk dapat bekerjasama dalam kegiatan Forum Bisnis.

Ibu Christin memberikan statement bahwa mahasiswa Unika memiliki attitude yang baik dalam bekerja. “Apa sih yang diberikan kepada mereka untuk menjaga attitude yang baik ini?,” tanya beliau. Kemudian pak Benny menjelaskan panjang lebar tentang proses “penggarapan” softskills mahasiswa sejak awal mahasiswa baru hingga ke semester akhir. Itu yang menjadi andalan Unika dalam pembinaan karakter mahasiswa.

Dalam kesempatan akhir, pak Jahja melontarkan satu quote bahwa : “Apapun Progdi-mu, APRIL Tujuan Kerjamu.”(yoel-sscc)

 

Kategori: