Sejumlah Kampus Lakukan Kuliah Online
Rabu, 18 Maret 2020 | 11:26 WIB

image

Kalangan perguruan tinggi mengambil langkah antisipasi untuk mencegah penyebarluasan virus korona. Selain berupa pembatasan jam perkuliahan tatap muka, mereka memilih menunda pelaksanaan wisuda lulusan, yang seharusnya terjadwal menjadi agenda tahunan.

Rektor Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata, Prof Dr F Ridwan Sanjaya MS IEC merespons imbauan Gubernur Ganjar Pranowo terkait upaya meminimalisasi penyebaran virus korona, dengan menyelenggarakan online courses untuk mahasiswa pada Senin (16/3).

Dikatakan, proses pembelajaran di Unika selama 14 hari sejak 16 Maret dilakukan di rumah dengan menggunakan online courses. Hal ini dipantau secara bersama antara Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Pendidikan (LP3) bekerja sama dengan Manajemen Sistem Informasi (MSI) dan Perpustakaan Unika Soegijapranata.

”Pusat pemantauan online course dilakukan dari dari Hotline Helpdesk yang dipusatkan di Ruang Hijau, gedung Mikael lantai 3, Unika Soegijapranata,” kata dia.

Wakil Rektor I Bidang Akademik Unika Soegijapranata, Dra Cecilia Titiek Murniati MAPhD menambahkan pihaknya telah siap dengan pelaksanaan kuliah daring ini. ”Terkait sampai kapan hal ini dilakukan, kami menunggu pengumuman lebih lanjut dari Pemprov Jateng.

Sementara itu, Kepala LP3 Unika Soegijapranata, Eny Trimeiningrum SE MSi berharap dengan kiat ini proses pembelajaran tetap berlangsung dan proses penjaminan mutunya tetap terjaga. Sebab sebagai sebuah lembaga pendidikan, pihaknya harus mempertanggungjawabkan penjaminan mutu untuk proses pembelajaran walau online ke pemangku kebijakan.

►Suara Merdeka 17 Maret 2020 Hal. 16

Kategori: