Program Inovatif Unika Siap Merespon Kebijakan Kampus Merdeka
Senin, 9 Maret 2020 | 9:02 WIB

Seluruh peserta workshop berfoto bersama usai acara

Unika Soegijapranata telah mengadakan kegiatan workshop selama dua hari yaitu Kamis dan Jumat, tanggal 6 hingga 7 Maret 2020 dengan tema “Workshop on Designing General Education Curricula” di Griya Persada, Bandungan. Kegiatan ini merupakan bagian dari serangkaian program persiapan pendirian program inovatif untuk kampus Unika Soegijapranata yang baru di Bukit Semarang Baru.

“Rangkaian kegiatan yang sudah dirancang sejak 2017 ini memang bertujuan untuk mengantisipasi Revolusi Industri 4.0 dan disruptive innovation. Program inovatif Unika Soegijapranata akan direncanakan dimulai pada tahun ajaran 2021/2022,” jelas Wakil Rektor I Bidang Akademik Unika Soegijapranata  Cecilia Titiek Murniati Ph.D.

Program yang dirancang sejak 2017 ini ternyata sangat sesuai dengan kebijakan Kampus Merdeka yang telah diluncurkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang memberi ruang mahasiswa  untuk bisa mengambil mata kuliah di program studi lain, imbuhnya.

Suasana saat acara workshop berlangsung

Selain itu Cecilia juga mengatakan bahwa program ini akan menawarkan kurikulum yang berbeda dari kurikulum yang selama ini telah dijalankan.

“Pada program ini mahasiswa akan bisa mengambil mata kuliah di program studi lain di Unika Soegijapranata. 21st century skills seperti leadership, teamwork, critical and analytical thinking, serta technology literacy dan pengetahuan sesuai bidang ilmunya harus dimiliki mahasiswa agar mereka lebih siap dalam menghadapi segala tantangan yang muncul dalam dunia kerja,” terangnya.

Lebih lanjut lagi, Cecilia mengatakan bahwa dalam kegiatan workshop tersebut dosen pengampu di program baru mendapatkan kuliah penyegaran (refresher courses) terkait filsafat pendidikan, metode pembelajaran, blended learning, dan sistem penjaminan mutu pendidikan.

Rangkaian program ini didukung oleh United Board of Christian Higher Education in Asia sejak 2017 sampai sekarang. (fas)

Kategori: ,