Lestarikan Lingkungan lewat Pelatihan Ecoprint
Rabu, 4 Maret 2020 | 10:11 WIB

SM 4_03_2020 Lestarikan Lingkungan lewat Pelatihan Ecoprint

Sebanyak 20 aktivis perempuan dari berbagai organisasi di Jawa Tengah mengikuti pelatihan ecoprint yang diselenggarakan Pusat Studi Wanita (PSW) Unika Soegijapranata dengan menggandeng Gabungan Organisasi Wanita (GOW), CSR Hoka Hoka Bento dan Batik Warna Alam Si Putri di Hoka Hoka Bento Majapahit Semarang, Selasa (3/3).

Ketua PSW Unika, Dr Rustina Untari mengatakan, pelatihan ecoprint ini menjadi kegiatan strategis dalam menyikapi isu lingkungan terkait limbah tekstil dan plastik yang saat ini membuat Indonesia menjadi penyumbang sampah terbesar kedua di dunia. Di kegiatan yang juga dihadiri Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Unika Soegijapranata, Dr Berta Bekti Retnawati ini diselenggarakan dengan tujuan membuat perempuan menjadi inlklusif dengan melibatkan mereka untuk peduli lingkungan.

”Perempuan punya peran besar mulai dari mengambil keputusan di rumah tangga hingga menyebarluaskan apa yang mereka dapat ke sekitar. Kami ambil titik isu lingkungan dengan pelatihan ecoprint karena kami ingin memberdayakan perempuan dengan satu di antaranya lewat pembuatan pakaian bercorak dengan bahan baku yang berasal dari alam,” kata Untari, kemarin.

Kepedulian

Pemilik Batik Warna Alam Si Putri, Putri Merdekawati yang menjadi pembicara utama mengatakan, dia ingin membangkitkan kepedulian lingkungan lewat bahan-bahan baku yang tidak mencemari sekitar. Dalam hal ini dia menunjukkan untuk mewarna pakaian bisa digunakan bahan baku alam seperti dari tumbuhan.

Teknik membuat baju dengan metode ecoprint ini juga sebagai pengganti industri tekstil yang menurut penelitian yang dia ketahui menyumbang limbah kimia berbahaya bagi lingkungan.

”Dengan ecoprint, pakaian dan juga kain diberi corak dengan bahan pewarnanya alami dari bagian tanaman, mulai dari daun, kayu, batang, buah dan sebagainya,”kata Putri.

►Suara Merdeka 4 Maret 2020 hal. 16

Kategori: