FUBORU Gandeng Unika Dalam Memperluas Bisnis dan CSR dengan MAGANG.
Kamis, 5 Maret 2020 | 16:47 WIB

Sebut saja pak Heru, seseorang yang sangat bersemangat di usia 70 tahun dalam “mewartakan” apa yang dianggap perlu untuk disampaikan kepada semua orang. Kepada staff , beliau selalu menekankan bahwa ketika menerima tugas maka belajarlah sampai kau mampu untuk menjalankannya.

Wakil Rektor III, ibu Dr Kristina Ananingsih, ST., MSc dan Yuliana (Kepala SSCC – Pusat Karir Mahasiswa/Alumni Unika), kali ini berkesempatan menerima kunjungan hari Kamis tanggal 5 Maret ini. Berbagai hal tentang otomotif sampai dengan hutan herbal yang akan dijadikan pusat penelitian menjadi pembicaraan disamping hal utama tentang magang dan penelitian.

Beliau adalah bapak Ev. Heru Prasanta Wijaya, presiden direktur dari PT FUBORU Indonesia. Menyempatkan diri berkunjung ke Unika dengan maksud dan tujuan akan melengkapi apa yang menjadi tantangan pelaksanaan MoU Internship.

PT. Fuboru Indonesia adalah perusahaan otomotif yang didirikan di Surabaya, menghasilkan gasket otomatis. Dengan luas pabrik 9000 m2, Fuboru memiliki 400 + perkerja, dan kantor distribusi di 12 kota di seluruh Indonesia.
Bukan hanya masalah otomotif yang menjadi tujuan utama, namun FUBORU juga mulai mengelola “hutan kita” untuk dapat dinikmati kesegarannya dan menjadikan “hutan olahan” sebagai sarana penelitian dalam bidang kesehatan dan pangan, meliputi obat herbal, makanan-minuman sehat alami dan lain-lain. Beliau mencanangkan bahwa generasi penerus adalah  generasi yang sehat dan cerdas secara alami.

Ada beberapa fakultas yang dituju untuk dapat mengirimkan mahasiswa magang di PT FUBORU yaitu :
1. Fakultas Psikologi : yang akan dididik di divisi HRD (2 orang)
2. Fakultas Teknologi Pangan untuk dapat melakukan penelitian dan pengembangan makanan – minuman sehat herbal (2 orang)
3. Fakultas Hukum : yang akan dididik menjadi Kepala personalia dan umum (2 orang)
4. Fakultas Teknik : yang akan turut dalam pembangunan berbagai gedung dan pabrik (2 orang)

Dalam kesempatan yang sangat berharga ini, beliau memberikan pengalamannya dengan sekian lama menjalani hidup. Bahwasanya “sukes dapat diraih dengan ketekunan dan keuletan”. Banyak anak muda sekarang yang kurang mengerti akan kehidupan yang semuanya tidak boleh disia-siakan.

“Saya selalu membuat segala sesuatu dengan planning yang matang dan terintegrasi. Tidak boleh ada yang terbuang sia-sia,” cerita beliau dengan bersemangat. Sebagai contoh, beliau mengembangkan sesuatu dengan ide awal : menanam padi untuk menghasilkan beras yang unggul, maka dibutuhkan sarjana pertanian. Saat padi sudah dipanen, maka tumbuhan padi akan dipakai sebagai bahan dasar shampoo dan dibuat pakan ternak. Maka dibutuhkan pula orang yang ahli dalam chemical untuk membuat shampoo dan orang lain dalam merawat ternak sapi. Saat sapi sudah dapat berproduksi susu, maka membutuhkan orang yang ahli dalam teknologi pangan, untuk mengolah susu dan juga terjualnya daging sapi. Ketika sapi menghasilkan limbah kotoran sapi, maka perlu dibuat untuk menjadikannya pupuk kandang. Begitu seterusnya hingga ekosistem akan tetap terjaga.

“Untuk menjadi berhasil itu, yang menjadi hal utama adalah Man power,” sambung beliau. “Oleh karenanya, kami menggandeng universitas-universitas yang mau dan mampu untuk mencetak orang-orang unggul. Salah satunya yang kami tuju adalah Unika.”

Pembicaraan berlanjut bersama dengan bu Tina ke area botanical garden yang mulai dirintis oleh Unika di bawah binaan bidang III. Berawal dari usulan mahasiswa pecinta alam Unika yang mulai menanam tepian “jurang” Unika dan tanah-tanah kosong di sekitar gedung Henricus Constant – Kapel – Pendopo. Kali ini, eyang Wijaya (sebutan lain pak Heru), akan menyumbang tanaman yang cocok dengan area tersebut.

Selanjutnya, rombongan mampir ke salah satu laboratorium di Fakultas Teknologi Pangan. Dengan alat yang ada di  laboratorium, PT Fuboru – FTP akan melakukan penelitian bersama akan beberapa tumbuhan yang sebelumnya telah dikembangbiakkan di “hutan kita”.

Kiranya PT Fuboru akan berkelanjutan dalam melakukan kerjasama dengan Unika dan para akademisi juga dapat memberikan yang terbaik bagi para mahasiswa akan kerjasama ini. Salam Sukses ! (yoel-sscc)

 

Kategori: