FTP Unika Salurkan Hand Sanitizer Ke Masyarakat
Kamis, 19 Maret 2020 | 16:21 WIB

Penyerahan hand sanitizer oleh Dea N. Hendryanti, S.TP., MS (kedua dari kiri) kepada dr Donata Laksmi Widiyanti K (kedua dari kanan)

Dengan merebaknya korban virus COVID 19 di berbagai daerah di Indonesia dan tak terkecuali di Kota Semarang, maka berdampak pula pada kelangkaan bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan hand sanitizer yang berfungsi mencegah penularan dan menjaga kebersihan tangan kita supaya terhindar dari COVID 19.

Menanggapi kondisi tersebut, maka Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Unika Soegijapranata terpanggil untuk berupaya menyediakan hand sanitizer, yang disalurkan kepada 10 tim medis di Kota Semarang serta salah satu komunitas lanjut usia di Kota Semarang, pada hari Kamis (19/3), sebagai wujud kepedulian kepada masyarakat.

“Penyaluran hand sanitizer ini diprioritaskan untuk kelompok masyarakat yang paling rentan terdampak oleh COVID-19 yaitu tim medis yang berada di garda paling depan serta komunitas lanjut usia.” ucap Dea N. Hendryanti, S.TP., MS selaku dosen FTP Unika sekaligus sebagai Ketua Tim COVID-19 FTP Unika Soegijapranata.

Kegiatan ini juga merupakan salah satu wujud aksi kemanusiaan di tengah dilema yang mungkin sedang dialami oleh masyarakat terkait kebutuhan dan kelangkaan hand sanitizer. Kami akan berusaha semampu kami untuk bersama-sama mengatasi COVID-19 di Indonesia, lanjutnya.

“Saat ini, Pemerintah Indonesia sedang menerapkan kebijakan ‘social distancing’ sebagai salah satu upaya menekan penyebaran virus SARS-CoV-2. Artinya, masyarakat dihimbau untuk membatasi interaksi secara langsung dengan orang lain. Namun, membatasi bersosialisasi bukan berarti membatasi rasa kemanusiaan. Kunci penting dalam menghadapi COVID-19 yaitu solidaritas selain tentunya masyarakat tetap perlu mengikuti arahan dari Pemerintah maupun tim medis,” tegas Dea.

Salah satu penerima bantuan hand sanitizer dari FTP Unika, adalah ketua tim medis dari Dewan Paroki Santo Athanasius,  dr Donata Laksmi Widiyanti K.

Menurut dr Donata, tim medis saat ini memang masih kesulitan mendapatkan hand sanitizer. Hal tersebut dia ketahui dari Grup Whatsapp tim medis yang diikutinya dan beranggotakan kalangan dokter, perawat dan apoteker kota Semarang.

“Dengan tersedianya hand sanitizer dari FTP Unika ini sangat membantu kami dalam memenuhi kebutuhan di lapangan,” terangnya.

Jika di rumah sakit, kemungkinan tersedia, tetapi di luar rumah sakit, para medis ini juga membutuhkan untuk menjaga kesehatannya supaya selalu sehat dan terhindar dari virus COVID 19, demi keselamatan mereka saat menjalankan tugas.

“Ketersediaan hand sanitizer dari FTP Unika sangat membantu kami, karena kami memang saat ini benar-benar kesulitan  dan sangat membutuhkan,” jelas dr Donata. (fas)

Kategori: ,