FTP Unika Kenalkan Inovasi Pengolahan Buah Kepada Masyarakat
Senin, 9 Maret 2020 | 8:34 WIB

Seluruh Tim FTP Unika yang terlibat dalam Festival Buah di Kabupaten Ungaran

Sebuah kegiatan festival yang rutin diselenggarakan oleh Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah telah diselenggarakan selama dua hari yaitu Sabtu dan Minggu tanggal 7 – 8 Maret 2020, bertempat di Alun-alun Bung Karno Ungaran, Kabupaten Semarang.

Acara yang dihadiri pula oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo SH MIP ini merupakan festival buah ke-5 yang telah diselenggarakan oleh Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah.

Berdasarkan keterangan salah satu panitia yang tidak ingin disebutkan namanya, mengemukakan bahwa penyelenggaraan kegiatan ini rutin diadakan untuk meningkatkan kegemaran masyarakat terhadap buah dan mengenalkan berbagai varietas unggul buah lokal.

Sedang Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Unika Soegijapranata yang merupakan satu-satunya perguruan tinggi peserta kegiatan tersebut, juga mengenalkan produk-produk yang pernah diolah oleh FTP yang berbasis buah.

Seperti yang diutarakan oleh Mellia Harumi MSc yang ikut mendampingi tim FTP dalam kegiatan tersebut bersama Meiliana SGz MS.

“Beberapa olahan produk buah merupakan hasil penelitian mahasiwa FTP, seperti : Cookies buah sukade, Pie buah (strawberry dan labu), Sup cream labu kuning, Produk minuman  fermentasi buah naga,  Vegetable Leather dari Kemangi,”ujar Mellia.

Disamping itu, kegiatan ini juga menjadi ajang untuk memperkenalkan program studi sarjana dan magister yang ada di FTP Unika, imbuhnya.

Dalam kegiatan tersebut terdapat sekitar 40 stand yang sebagian besar diikuti oleh Dinas Pertanian kabupaten-kabupaten se-Provinsi Jawa Tengah.

“Informasi yang diperoleh oleh masyarakat adalah varietas-varietas produk buah unggulan beberapa daerah, inovasi pengolahan buah, serta pengetahuan mengenai produk pertanian lain,” pungkasnya. (fas)

Kategori: ,