FIKOM Unika Selenggarakan Internship Fair
Senin, 9 Maret 2020 | 18:13 WIB

Co founder PT STS, David Julius Chrissandy saat memaparkan materi internshipnya

Fakultas Ilmu Komputer (FIKOM) Unika Soegijapranata selama empat hari mulai hari Senin (9/3) hingga Kamis (12/3) telah menyelenggarakan kegiatan Internship Fair 2020 yang menyertakan sekitar tujuh hingga sembilan mitra perusahaan untuk terlibat dalam kegiatan internship fair tersebut.

Seperti yang disampaikan oleh Dekan Fakultas Ilmu Komputer Unika Soegijapranata R Setiawan Aji Nugroho ST MCom IT PhD, kegiatan yang sudah sejak tahun lalu dilaksanakan ini pada awalnya hanya diselenggarakan selama satu hari, namun karena adanya masukan dari mitra perusahaan dan banyaknya perusahaan yang terlibat serta meningkatnya jumlah mahasiswa yang berminat mengikuti magang, maka internship fair tahun ini kita selenggarakan selama empat hari.

“Perusahaan-perusahaan mitra tersebut adalah perusahaan besar berskala nasional  antara lain, PT Solusi Teknologi Sejati (PT STS), PT Mitra Kasih Perkasa (MKP Mobile) , PT Indomarco Prismatama, Icon+, BFI Finance, Dana serta BCA,” jelas Aji Nugroho.

“Konsep yang kami terapkan adalah 3 + 1, sesuai dengan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, artinya mahasiswa akan menempuh kuliah selama tiga tahun dan dilanjutkan student exchange, internship atau research selama satu tahun,” lanjutnya.

Dan konsep tersebut terintegrasi ke dalam kurikulum mulai semester ini, jadi misalnya untuk student exchange antara FIKOM Unika Soegijapranata dengan Providence University Taiwan, pihak Providence University telah mengakui tiga tahun studi di Unika secara internasional dan mendapatkan degree, sehingga konsepnya adalah 3 + 1 + 1, yaitu tiga tahun menempuh studi di Unika dan satu tahun di Providence University, maka mahasiswa yang bersangkutan akan mendapatkan ijazah dari dua universitas ini. Dan kemudian jika ditambah satu tahun lagi bisa langsung S-2, terang Dekan FIKOM Unika ini.

Sedangkan dalam hal internship atau magang, para mahasiswa diberi keleluasaan untuk magang satu tahun atau selama dua semester, tetapi di semester kedua sebenarnya adalah project atau skripsi. Sehingga enam bulan pertama para mahasiswa benar-benar magang dan bekerja di perusahaan, namun enam bulan berikutnya mereka boleh melanjutkan atas persetujuan perusahaan, sehingga setiap enam bulan mahasiswa akan dievaluasi.

Kemudian jika disetujui oleh perusahaan dan topik skripsi sesuai maka bisa diangkat sebagai skripsi, sehingga akan ada dua pembimbing skripsi yaitu dari perusahaan dan dari FIKOM Unika sendiri, jelasnya.

Menanggapi apa yang disampaikan oleh Dekan Fikom Unika Soegijapranata tersebut, salah satu perwakilan mitra perusahaan yang terlibat dalam internship fair, yaitu PT Solusi Teknologi Sejati melalui Co founder PT STS yang saat ini menjabat sebagai Head of Implementation, David Julius Chrissandy mengemukakan bahwa kerjasama dalam bentuk magang dengan FIKOM Unika sudah berlangsung yang ketiga kalinya, dan tampaknya yang ketiga ini jauh lebih well prepared.

Internship kali ini sudah benar-benar diatur waktunya mulai dari presentasi, kemudian test dan dilanjutkan interview nanti di kantor kita. Sehingga dengan jadwal tersebut dari sisi perusahaan sangat membantu dan bagus,” ucap David.

Hal lain termasuk masa magang yang dilaksanakan adalah selama enam bulan, sesudah itu akan dilanjutkan selama enam bulan kemudian apabila dipertimbangkan layak untuk dilanjutkan. Program ini juga bagus, karena umumnya kampus-kampus lain yang magang di perusahaan kami waktunya juga satu tahun.

“Harapan kami, program magang ini bisa menjadi program wajib dari FIKOM Unika dengan jangka waktu sekitar enam bulan hingga satu tahun. Sebab dengan demikian akan terjadi link and match antara dunia pendidikan dengan dunia kerja, serta untuk mengurangi gap antara keduanya,” papar David. (fas)

Kategori: ,