Youthopia International Talk Show Winter 2020
Kamis, 13 Februari 2020 | 8:34 WIB

AIESEC merupakan salah satu organisasi pemuda internasional yang berfokus dalam mengembangkan kepemimpinan. Di Indonesia, AIESEC telah berdiri selama 30 tahun dan menyebar di beberapa kota, salah satunya di Semarang.

Dan dalam rangka mengembangkan karakter kepemimpinan di kalangan muda atau mahasiswa Unika Soegijapranata, maka pada hari Sabtu lalu (8/2), bertempat di ruang Theater Gedung Thomas Aquinas lantai 3, AIESEC branch UNIKA bekerja sama dengan AIESEC in Semarang menyelenggarakan Seminar Internasional dengan konsep talk show bernama “Youthopia International Talkshow” bertema Youth Empowerment.

Dalam sambutannya, Kepala International Office Unika Soegijapranata, Dr Heny Hartono SS MPd menyampaikan bahwa acara ini merupakan wadah bagi para peserta untuk saling belajar memberikan kontribusi positif bagi dunia. Hal ini juga sejalan dengan motto Unika Soegijapranata, “talenta pro patria et humanitate” dimana generasi muda dapat berkontribusi bagi negara serta kemanusiaan melalui talenta dan ilmu yang dimilikinya.

Acara ini menghadirkan mahasiswa asing dan lokal serta pembicara-pembicara yang menyuguhkan materi-materi untuk meningkatkan kesadaran dan memperluas wawasan terkait Sustainable Development Goals (SDGs) bagi para pemuda untuk melakukan perubahan di masa depan melalui pemberdayaan dan peningkatan motivasi.

Pembicara-pembicara tersebut yaitu Gustika Jusuf Hatta yang merupakan cucu dari Wakil Presiden Pertama, Mohammed Hatta. Beliau merupakan salah satu mahasiswa dari King’s College London, Inggris dan aktif dalam gerakan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Indonesia. Beliau tertarik dengan beberapa masalah kemanusiaan, isu-isu yang berkaitan dengan gender dan peranan perempuan dalam perang.

Pembicara yang kedua yaitu Anggis Dinda, beliau adalah Pemenang Gadis Sampul 2012, kontes remaja putri ke-25 yang diadakan oleh majalah GADIS. Beliau telah lulus dari Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Beliau sering diundang untuk menjadi pembicara di seminar pemberdayaan pemuda atau dikenal sebagai Youth Empowerment. Beliau tertarik dengan pemberdayaan dan pendidikan pemuda Indonesia melalui organisasi pemuda.

Kategori: ,