Unika Soegijapranata Dampingi Pelaku Usaha
Jumat, 28 Februari 2020 | 8:09 WIB

SM 28_02_2020 Unika Soegijapranata Dampingi Pelaku Usaha

Untuk memotivasi pelaku UMKM agar mampu mengembangkan usahanya ke depan secara profesional, Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata melalui Tim Pengabdian Masyarakat melakukan kegiatan pendampingan di Kelurahan Kemijen, Kota Semarang, pada Februari ini. Satu di antaranya dengan melakukan seminar ”Motivasi Pengembangan Usaha, Standarisasi Produk dan Pengelolaan Keuangan” untuk pelaku usaha mikro di bidang makanan dan minuman di Balai Kelurahan Kemijen. Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Unika Soegijapranata, Rudy Elyadi mengatakan, melalui kegiatan ini diharapkan para pelaku UMKM dapat lebih termotivasi untuk mengembangkan usahanya di masa yang akan datang secara profesional.

”Unika telah secara konsisten melaksanakan pendampingan dengan para pelaku UMKM di wilayah Kemijen melalui kegiatan kuliah kerja usaha (KKU). Hal ini sudah dilaksanakan sebagai kelanjutan pendampingan yang sudah dilakukan mahasiswa dan juga para dosen beberapa bulan lalu. Pendampingan kepada para pelaku usaha mikro ini memang harus dilakukan secara terus menerus,” kata pria yang juga Ketua Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (P3M) LPPM Unika Soegijapranata itu.

Optimisme

Rudy Elyadi yang juga menjadi pemateri seminar menyampaikan jatuh-bangun seorang pelaku usaha dalam bisnis adalah hal yang wajar. Namun pengusaha harus tetap memiliki optimisme dan menjaga motivasi untuk terus mengembangkan usahanya. Anggota Tim Pengabdian Masyarakat Unika Soegijapranata, Eva Maria yang juga menjadi pemateri mengingatkan pelaku usaha untuk melakukan standarisasi produk. ”Standarisasi produk dalam hal ini bukan hanya dari bentuk, kemasan, harga, desain, dan metode penyampaian tapi juga kualitas produk yang memenuhi standar keamanan pangan sesuai dengan peraturan pemerintah, dan etika bisnis yang profesional,” katanya.

https://www.suaramerdeka.com/smcetak/baca/219563/unika-soegijapranata-dampingi-pelaku-usaha

Kategori: ,