Sinergi SSCC-Alumni-Mahasiswa , Pelatihan Soft Skills Bagi Mahasiswa
Rabu, 26 Februari 2020 | 16:27 WIB

Pada hari Senin-Selasa yang lalu, tepatnya tanggal 24-25 Februari 2020 bertempat di ruang meeting gedung Mikael lantai 4, SSCC kembali menggelar kegiatan pelatihan soft skills. Pelatihan ini ditujukan bagi mahasiswa aktif mulai semester V , bertujuan untuk membuka wawasan dalam memahami potensi diri serta karakter pribadi agar mereka siap dalam menghadapi dunia kerja.

Pelatihan yang diadakan selama 2 hari, yaitu mulai pukul 08.00 – 16.00 ini berlangsung sangat menyenangkan. “Seru banget dua hari ini , berkesan dan seneng banget dapat banyak informasi baru,” begitu lontar Yona, salah satu trainee , mahasiswa Akuntansi – FEB Unika.

Kali ini, SSCC mendatangkan mas Andy Sutanto , Sekretaris Ika Soepra, untuk mengulas tentang Curriculum Vitae. Beliau sangat paham akan masalah curriculum vitae, karena telah menggelutinya selama sekian lama, apalagi saat ini beliau memegang peran penting di salah satu perusahaan multi nasional dengan standar tinggi, Materi yang membahas tentang bagaimana membuat CV yang menarik , eye-cathcing dan mampu menjual. Banyak sekali pertanyaan dari trainee. Mereka ingin tahu banyuak sekali tentang CV sampai ke hal kecil sekalipun. Antusiasme ini selalu terjadi di setiap kelas yang diadakan.

“Apakah kita perlu memberikan ulasan singkat seperti biografi di dalam CV, kak?” tanya Febe. Mas Andy yang juga sangat berantusias menjelaskan dengan sangat detail akan hal ini. Rasa memiliki Unika dengan selalu ingin berbagi, sangat perlu dicontoh dari mas Andy.

 

Selain CV , salah satu sessi favorite lainnya adalah sessi Keuangan Sehat. Trainee yang distimulan dengan analog jasmani sehat, mampu menguraikan bagaimana mengelola keuangan yang sehat. Trainerpun dapat dengan mudah memberikan arahan dengan mudah karena pada dasarnya para trainee mampu untuk memahami dengan cepat.

Mas Alvon , panggilan akrab trainer dari Kepala Sekretariat Universitas ini, mampu menyedot perhatian trainee karena beliau mampu mengakrabkan diri ke semua trainee serta memberikan ilmu dengan baik, ungkap salah satu trainee. ” Pak Alvon mantuulll…” , seru mereka.
Sedangkan trainer lain yaitu bu Yuliana dari SSCC, juga mampu membuat suasana santai dan fun tapi trainee mampu memahami materi dengan sangat jelas melalui berbagai game. “Bu Yoel mampu membawakan pelatihan dengan membangun suasana yang semangat dan tidak tegang. Santai, murah senyum serta menghargai pendapat trainee. Keren.. ,” kata para trainee.

Harapan para trainee selanjutnya adalah adanya pelatihan yang berkelanjutan. Sehingga mereka mampu dan benar-benar siap untuk “lepas landas” dari Unika menuju dunia kerja. Bagi mahasiswa yang belum mengikuti pelatihan ini, para trainee menyayangkan akan hal ini. “Karena kami dapat ilmu, dapat sertifikat, dapat konsumsi dan semua fasilitas, bu… masak diabaikan, sayang sekali jika mereka tidak ikut”.
Ke depan, Wakil Rektor 3 bidang kemahasiswaan akan mengemasnya dengan mewajibkan mahasiswa akhir atau yang sedang mengambil skripsi untuk mengikuti pelatihan ini. (yoel-sscc)

 

Kategori: ,