Peringati Dies Natalis ke-1, Fakultas Kedokteran Unika Akan Selenggarakan Seminar Nasional
Minggu, 9 Februari 2020 | 15:50 WIB

Dari sebelah kiri : Perigrinus Hermin Sebong MPH selaku Ketua Panitia, berdiri ditengah : dr Indra Adi Susianto MSi Med Sp OG, Dekan FK Unika dan paling kanan : dr Francisca Pramesshinta Hardimarta MSi Med adalah Ketua Prodi FK Unika

Keinginan Unika Soegijapranata untuk ikut serta mendidik calon-calon dokter yang nantinya dapat berperan atau memiliki kompetensi yang lebih unggul di Daerah Perbatasan, Tertinggal dan Kepulauan (DPTK), telah mendorong Fakultas Kedokteran (FK) Unika Soegijapranata menyelenggarakan Seminar Nasional yang akan diselenggarakan pada hari Jumat mendatang tanggal 14 Februari 2020, demikian diungkapkan oleh Ketua Program Studi Fakultas Kedokteran Unika Soegijapranata dr Francisca Pramesshinta Hardimarta MSi Med saat konferensi pers di ruang Merah gedung Mikael, Jumat (7/2).

Konferensi Pers yang dihadiri pula oleh Dekan FK Unika Soegijapranata dr Indra Adi Susianto MSi Med  Sp OG dan Ketua Panitia  Perigrinus Hermin Sebong MPH, menyampaikan beberapa hal terkait Fakultas Kedokteran Unika yang memperingati dies natalis ke-1 dan latar belakang pemilihan tema seminar.

“ Fakultas Kedokteran Unika akan mendidik para mahasiswa sebagai calon-calon dokter yang memiliki kompetensi yaitu sebagai: yang pertama, Help Educator artinya harus mampu mengedukasi masyarakat yang ada di daerah tersebut tentang permasalahan kesehatan yang ada. Yang kedua, Help Advocate artinya harus mampu menjembatani antara masyarakat dengan pamengku kepentingan yang ada hubungannya dengan permasalahan kesehatan. Yang ketiga, Health Consultant yang berarti mampu mendampingi masyarakat untuk mengatasi permalahan kesehatan yang ada dalam sebuah keluarga maupun masyarakat. Yang Keempat, Health Researcher, artinya selain sebagai seorang dokter tapi juga mampu melakukan penelitian misalnya di DPTK permasalahan yang sering muncul seperti apa, termasuk permasalahan kesehatan seperti apa kemudian menyelesaikannya bagaimana,” terang dr Francisca.

Lalu sebagai seorang dokter juga harus mampu memberikan pengobatan yang sesuai dengan potensi dari daerah-daerah tersebut. Harapannya lulusan FK Unika dapat memiliki beberapa keunggulan selain sebagai dokter umum yaitu yang pertama keunggulan di bidang penyakit tropik atau penyakit yang sering muncul di daerah tropis dan unggul di bidang kedokteran prefentif atau pencegahannya.

Maka terkait dari dasar profil dan keunggulan FK Unika tersebut, maka pada dies natalis yang ke-1 kami mengundang beberapa narasumber dalam seminar nasional yang bertemakan “Mempersiapkan Lulusan Dokter untuk DPTK (daerah perbatasan tertinggal dan kepulauan)”, salah satunya adalah dr Stefanus Bria Seran MPH sebagai Bupati Kabupaten Malaka – NTT (wilayah perbatasan dengan Timor Leste), tandasnya.

Sedang narasumber lain dari UGM yaitu Dr dr Andreasta Meliala DPH MKes MAS sebagai pakar SDM Kesehatan juga akan memberikan rekomendasi-rekomendasi sehingga nanti bisa menjadi input buat kita untuk menyusun kurikulum best praktis untuk pengembangan ke depannya, jelas Perigrinus Hermin Sebong. (fas)

Kategori: ,