Pemkab Malaka dan Kampus Jalin Kerja Sama Bidang Kesehatan
Senin, 17 Februari 2020 | 10:22 WIB

image

Pemerintah Kabupaten Malaka resmi membangun kerja sama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Katolik (Unika ) Soegijapranata Semarang. Kerja sama itu dilakukan melalui MOU antara Bupati Malaka, dr Stef Bria Seran dengan Rektor Universitas Katolik Soegijapranata Semarang, Ridwan Sanjaya di Semarang, Jumat (14/2).

Dalam siaran Pers Kepala Dinas Infokom Kabupaten Malaka yang diterima Gatra.com (15/2), disebutkan ada dua hal penting yang tertuang dalam MOU itu.

“Bentuk kerja sama itu ada dua, yakni anak-anak Malaka dapat melanjutkan pendidikan dokter di Fakultas Kedokteran Unika Soegijapranata Semarang. Berikutnya Fasilitas kesehatan di Malaka bisa dijadikan tempat praktik mahasiswa kedokteran Universitas Katolik Soegijapranata Semarang ,” kata Bupati Malaka dr Stef Bria Seran.

Lebih lanjut, Bupati Stef Bria Seran menyebutkan kerja sama ini untuk menunjang program kesehatan sesuai visi misi Pemkab Malaka. “ Visi misi Pemkab Malaka jelas bahwa salah satu program perioritas adalah bidang kesehatan. Karena itu kerja sama ini untuk menunjang visi misi ini menyehatkan masyarakat,” jelas dr Stef Bria Seran.

Alumni Fakultas Kedokteran UNDIP Semarang ini menyebutkan, Rumah Sakit Umum di Betun Malaka cukup memadai untuk pelayanan. Hanya saja masih terkendala kekurangan dokter sepesialis.

“ Rumah sakit kami cukup bagus bahkan sering menjadi tempat studi banding sejumlah tenaga medis dari beberapa rumah sakit di Nusa tenggara Timur (NTT). Kendala kami adalah kurangnya dokter ahli. Dan melalui kerja sama ini secara bertahap masalah ini bisa teratasi ,” ujar dr Stef Bria Seran.

Selain penempatan dokter ahli, spesialis secara berkala dari Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Soegijapranata Semarang di Rumah Sakit Betun, Malaka akan sangat membantu. Selain itu mahasiswa Fakultas Kedokteran nya juga akan KKN di Malaka, akan ditempatkan pada semua Puskesmas dan Pustu yang ada.

"Harapan kami dengan adanya KKN mahasiswa Fakultas Kedokteran Katolik Soegijapranata Semarang ini akan sangat membantu visi misi yang ada. Mereka, mahasiswa Fakultas kedokteran tentunya akan KKN di sejumlah Puskesmas dan Pustu itu akan membantu para tenaga medis yang ada,” katanya.

https://www.gatra.com/detail/news/469275/kesehatan/pemkab-malaka-dan-kampus-jalin-kerja-sama-bidang-kesehatan

Kategori: