Pemkab Malaka Dan FK Soegijapranata Sepakati Kerja Sama Di Bidang Kesehatan
Senin, 17 Februari 2020 | 10:06 WIB

image

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malaka dan Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang menyepakati kerja sama di bidang kesehatan.

Kesepakatan kerja sama tersebut tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU) atau Nota Kesepahaman yang ditandatangani oleh Bupati Malaka, dr. Stefanus Bria Seran, MPH dan Rektor Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang, Prof. Dr. Ridwan Sanjaya, S.E., S.Kom, di Kampus Universitas tersebut di Semarang, Jumat (14/02/2020).

Usai penandatanganan Nota Kesepahaman tersebut, kepada LikuraiOnline.com, Bupati Malaka mengungkapkan, kurang lebih ada 2 point yang disepakati dalam kerja sama tersebut, yakni, pendidikan dokter dan kesepakatan untuk menjadikan Fasilitas Kesehatan (Faskes) di Kabupaten Malaka sebagai tempat praktek bagi para calon dokter dan dokter muda dari FK Soegijapranata.

“Pertama, kita sepakati supaya anak-anak Malaka bisa menempuh pendidikan dokter di Fakultas Kedokteran Unika Soegijapranata, yang mana biaya pendidikannya ditanggung Pemda Malaka. Ke dua, supaya Faskes-Faskes kita di Kabupaten Malaka menjadi tempat praktek”, ujar Bupati Malaka.

Kesepakatan yang ditandatangani hari ini, menurut Bupati Malaka, bukan yang pertama kali dilakukan Pemkab Malaka selama masa kepemimpinannya. Kesepakatan seperti ini, pernah dilakukan dengan Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada Yogyakarta untuk program Performance Management and Leadership (PML).

Kerja sama seperti ini juga merupakan salah satu komitmen Bupati Malaka untuk mewujudkan cita-citanya untuk memajukan dunia kesehatan di Kabupaten Malaka.

Tidak tanggung-tanggung, Bupati yang juga selama 13 tahun menjabat Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten dan selama 13 tahun menjabat Kepala Dinas Kesehatan Provinsi tersebut menggandeng pihak-pihak yang berkopeten di bidang kesehatan untuk mewujudkan cita-citanya tersebut.

Penandatanganan MoU tersebut dilaksanakan usai Seminar Nasional yang diselenggarakan di Kampus tersebut dan disaksikan Dekan FK Unika Soegijapranata Semarang, dr. Indra Adi Susianto, M.Si.Med, Sp.OG, MS.IEC, para Guru Besar dunia kesehatan, diantaranya, Prof. dr. Magdalena Sidhartani Zain, Sp.A( K), Uskup Agung Semarang, Mgr. Dr. Robertus Rubiyatmoko, dosen dan Civitas Akademiia Unika Soegijapranata Semarang serta tamu Undangan lain.

Dari Kabupaten Malaka, Bupati Malaka didampingi Staf Ahli Bupati Malaka, Theresia Un, Ketua TP PKK, Beatriks Bria Seran, Kepala Dinas Kesehatan, drg. Paskalia Frida Fahik serta sejumlah pejabat.

https://likuraionline.com/berita/2020/pemkab-malaka-dan-fk-soegijapranata-sepakati-kerja-sama-di-bidang-kesehatan/

Kategori: