Nobar dan Diskusi Film “Beta Mau Jumpa” di Unika Soegijapranata
Jumat, 28 Februari 2020 | 8:23 WIB

image

Pusat Studi Urban dan Pusat Studi Asia Tenggara Unika Soegijapranata menggandeng Persaudaraan Lintas Agama (Pelita) Semarang, Ein Institute, Elsa, Gusdurian menggelar kegiatan nontonton bareng (nobar) dan diskusi film “Beta Mau Jumpa”.

Kegiatan yang merupkan bagian dari safari pemutaran film“Beta Mau Jumpa”.

“ Seri Indonesian Pluralities, produksi CRCS UGM, Pardee School of Global Studies Boston University, dan WatchDoc ini ditaja di Di Gedung Teater Thomas Aquinas,

Unika Soegijapranata, Jalan Pawiyatan Luhur Selatan IV No. 1 Semarang, Jumat (28/2) , mulai Pk. 13.00 – Selesai.

Tampil nara sumber sebagai pemantik diskusi dalam kegiatan nobar ini, Dr. Trihoni Nalesti Dewi (Ketua Pusat Studi Urban Unika Soegijapranata), Adrianus Bintang, MA (Pusat Studi Asia Tenggara Unika Soegijapranata) dan Weslly Johannes (Aktivis Paparisa Ambon Bergerak) dengan moderator: Ellen Nugroho (Direktur EIN Institute) .

Film Beta Mau Jumpa yang merupakan film kedua dari serial dokumenter Indonesian Pluralities yang diproduksi Center for Religious and Cross-cultural Studies (CRCS) UGM, The Pardee School of Global Studies Boston University, serta Watchdoc Documentary film ini yang dirilis dirilis di Ambon (28/1) dan diputar di beberapa tempat, salah satunya Studio Audio Visual Puskat Yogyakarta (31/1). ini mengisahkan tentang konflik yang melanda Ambon pada tahun 1999-2002. Peristiwa.kekerasan dalam konflik antara warga Islam dan Kristen ini ribuan nyawa melayang menjadi korban dan menyisakan trauma begitu dalam.

Namun, ternyata tragedi itu punya sisi kelembutan dan welas asih. Ada warga Islam yang menyembunyikan tetangga mereka yang Kristen agar tidak diserang, begitu juga sebaliknya. Lalu pasca konflik, para perempuan dan anak muda bahu membahu memulihkan perdamaian, merajut kembali hubungan antar pemeluk agama yang sempat rusak parah.

Film berdurasi 35 menit ini akan mengingatkan kita bahwa perdamaian tidak tercipta dalam waktu semalam, butuh ketekunan panjang lewat tindakan sehari-hari untuk mewujudkannya.

Anda tertarik untuk menonton dan berdiskusi film “Beta Mau Jumpa” . Silahkan hadir terbuka untuk umum dan gratis. Silahkan kontak narahubung: Paza HP/WA0898 540321.

https://sumaterapost.co/nobar-dan-diskusi-film-beta-mau-jumpa-di-unika-soegijapranata/

Kategori: