LPPM Unika Dorong Dosen Muda Untuk Menyusun Roadmap dan Giat Meneliti
Rabu, 12 Februari 2020 | 17:16 WIB

Foto bersama rombongan pertama, saat acara workshop penyusunan roadmap penelitian LPPM Unika

Semoga pelatihan roadmap penelitian ini tidak hanya menginspirasi dari sisi teknis penyusunan roadmap, tetapi juga menginspirasi bagaimana para dosen tersebut bisa menyusun roadmapnya hingga sampai saat ini, demikian arahan yang disampaikan oleh Rektor Unika Soegijapranata Prof Dr F Ridwan Sanjaya MS IEC saat membuka workshop penyusunan roadmap penelitian di Unika Soegijapranata, Rabu (12/2).

Memang Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unika Soegijapranata, pada hari tersebut, telah menyelenggarakan acara yang bertemakan “Workshop Penyusunan Roadmap Penelitian” di ruang Pertemuan LPPM gedung Mikael lantai 4, dan dihadiri tidak hanya oleh Rektor Unika tetapi juga dihadiri pula oleh pemred Suara Merdeka Gunawan Permadi, termasuk Kepala LPPM Unika Dr Berta Bekti Retnawati, serta para dosen Unika Soegijapranata.

Lebih lanjut Kepala LPPM Unika Dr Berta menyampaikan latar belakang diselenggarakannya acara workshop tersebut. “Acara ini bertujuan untuk bisa membuat para dosen di Unika menjadi para peneliti-peneliti yang handal dan tentunya juga bisa merancang penelitian sampai pada jangka yang panjang sehingga membentuk kompetensi diri seorang dosen dalam peta jalan penelitiannya,” terangnya.

Pelaksanaan workshop penyusunan roadmap penelitian, sejauh ini baru pertama kali diselenggarakan oleh LPPM Unika, yaitu membuat rancangan peta penelitian khususnya untuk para dosen muda Unika, tetapi kami juga membuka kesempatan bagi dosen lainnya untuk belajar membuat roadmap, sambungnya.

“Kami dorong para dosen muda ini untuk terlibat aktif, mengingat para dosen muda ini masih memiliki karir yang panjang, kemudian produktifitas penelitian juga masih panjang, dan tentunya ini perlu didampingi atau dikawal dengan memberikan pemahaman yang detil dan menyeluruh terkait cara membuat roadmap,”jelas Dr Berta.

Foto bersama rombongan kedua, saat acara workshop penyusunan roadmap penelitian LPPM Unika

Pemateri dalam acara workshop tersebut disampaikan oleh dua peneliti dari dosen Unika sendiri yaitu Stefani Lily Indarto SE MM CA dan Dr V Kristina Ananingsih ST MSc. Dan dalam kesempatan workshop tersebut, salah satu pemateri workshop Stefani Lily Indarto SE MM CA memaparkan problem yang sering dihadapi oleh peneliti dan bagaimana cara membangun roadmapnya.

“Problem yang sering kita hadapi adalah para dosen ini banyak mengeluh tidak bisa atau tidak mampu, bahkan mengatakan bukan bidang saya. Sebetulnya peluangnya banyak sekali, terutama renstra Unika Soegijapranata sangat ngelink dengan yang berkaitan Indonesia Maju atau Jateng Bergiat,” ungkap Stefani Lily Indarto.

Salah satu cara untuk mengatasi problem tersebut, maka bisa dilakukan beberapa strategi, diantaranya adalah dengan melalui penelitian multi disiplin ilmu, kemudian diperlukan juga semangat untuk berpikir positif dan berani membangun mimpi.

Artinya, kita harus bisa melihat peluang dan berani untuk bermimpi yang harus diwujudkan, bahkan kalau perlu kita bisa mengajak yang lain untuk bersama-sama mewujudkan. Hal mewujudkannya pun bisa berbeda-beda, bisa tiga tahun atau lima tahun, sehingga bisa muncul roadmap penelitian.

Namun demikian disarankan untuk mulai membuat roadmap kita sendiri, artinya jika dari sekarang kita sudah menyusun roadmap penelitian kita, maka lambat laun akan terbentuk kepakaran kita sehingga mempermudah LPPM pada saat membutuhkan pakar bidang-bidang tertentu, disamping itu luarannya bisa juga berguna untuk menghitung indikator kinerja PTS.

Cara lain bisa juga dimulai dari ketertarikan para dosen pada bidang-bidang yang ingin digeluti sesuai dengan tugas para dosen untuk mengajar di masing-masing program studi mulai dari yang kecil, karena untuk mendapat yang besar pasti mulai dari yang kecil, pungkasnya. (fas)

Kategori: ,