Kantor Internasional dan Kerjasama Unika Terima Kunjungan Polimarin Semarang
Kamis, 13 Februari 2020 | 10:09 WIB

Tim dari Polimarin Semarang berfoto bersama Rektor Unika beserta Wakil Rektor IV maupun Kepala Kantor Internasional dan Kerjasama

Politeknik Maritim Negeri Indonesia atau sering disebut Polimarin Semarang, pada hari Selasa (11/2) telah berkunjung ke Kantor Internasional dan Kerjasama Unika Soegijapranata dalam acara studi banding.

Rombongan Polimarin yang dipimpin oleh Dr Sri Tutie Rahayu MSi selaku Direktur Polimarin telah diterima oleh Rektor Unika Soegijapranata Prof Dr F Ridwan Sanjaya MS IEC, beserta Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama dan Pengembangan B Danang Setianto SH LLM MIL, maupun Kepala Kantor Internasional dan Kerjasama Dr Heny Hartono SS MPd beserta staf.

Dalam kesempatan tersebut Dr Heny Hartono menyampaikan bahwa kunjungan Polimarin yang pertama kali dilakukan di Unika ini merupakan wujud dari upaya dari kedua kelembagaan untuk bisa bersinergi dan berkolaborasi untuk beberapa kegiatan akademik dan non akademik di masa mendatang.

“ Kantor Internasional dan Kerjasama Unika tidak hanya menangani kerjasama internasional atau asing saja, melainkan juga melakukan kerjasama dengan rekan-rekan yang ada di Indonesia yang mungkin punya visi yang sama sehingga harapannya kita bisa bekerjasama,” ungkapnya.

Hal lain, seperti diutarakan oleh pihak Polimarin Semarang, bahwa Polimarin ingin mengetahui lebih jauh tetang pengelolaan Kantor Internasional dan Kerjasama di Unika. Dan juga menjajagi beberapa kemungkinan suatu kerjasama yang lebih formal di waktu yang akan datang.

Harapannya, kita bisa membuat jejaring yang lebih kuat lagi dengan institusi-institusi baik yang pendidikan maupun non kependidikan, sehingga ke depan kita bisa bergerak bersama tidak hanya untuk Unika tetapi lebih luas untuk Kota Semarang dan lebih luas lagi untuk Indonesia.

Sementara Dr Sri Tutie Rahayu selaku Direktur Polimarin juga memaparkan perihal Polimarin yang mulai diresmikan sejak tahun 2013.

“ Kami sebagai perguruan tinggi yang bergerak di bidang maritim dan baru berdiri sekitar tujuh tahun lalu, memang sedang berusaha meningkatkan kualitas sesuai dorongan dari Bapak Presiden kita Joko Widodo,” tuturnya.

Kami juga menjalin kerjasama dengan pihak Jerman dan beberapa negara Eropa lainnya, serta memiliki tiga program studi yaitu Nautical, Teknika dan Ketatalaksanaan Pelayanan Niaga (KPN).

“Berhubung dengan kerjasama internasional itulah, kami akan belajar banyak tentang kantor urusan internasional, khususnya di Unika Soegijapranata,” pungkasnya. (fas)

Kategori: ,