FTP Sambut Kedatangan Dua Dosen Yang Sudah Selesai Studi Lanjut
Rabu, 12 Februari 2020 | 11:37 WIB

Dr Laksmi Hartajanie MP mempresentasikan hasil penelitian studi doktoralnya dalam Homecoming Seminar FTP

Di tahun 2019, dua dosen Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Unika Soegijapranata telah menyelesaikan studi doktoral dan master. Mereka adalah Dr Laksmi Hartajanie MP yang telah menyelesaikan studi doktoral di Universitas Diponegoro Semarang dan Dea Nathania Hendryanti STP MS yang telah menyelesaikan studi master di EWHA Women University di Korea Selatan.

Menyambut kedatangan dua dosen FTP yang telah menyelesaikan studi tersebut, maka pada hari Selasa (11/2) bertempat di Ruang Seminar, Gedung Albertus lantai 2, telah diselenggarakan acara Homecoming Seminar FTP.

Homecoming seminar ini bisa dikatakan merupakan sebuah tradisi yang selalu diadakan oleh FTP semenjak awal berdirinya hingga saat ini, dalam rangka menyambut dosen yang telah menyelesaikan studi,” ungkap Dr Probo Y Nugrahedi selaku Dekan FTP, Unika.

Dalam kesempatan ini, para dosen yang telah menyelesaikan studinya mendapat kesempatan untuk mempresentasikan hasil penelitiannya kepada mahasiswa dan rekan dosen lain di FTP.

“Tujuan dari acara seminar ini adalah sebagai media bagi dosen dan mahasiswa untuk memperbarui informasi dari penelitian terbaru yang dilakukan. Topik yang diteliti tentunya merupakan topik terbaru sehingga ada banyak hal baru yang bisa dipelajari dari penelitian terkini. Informasi-informasi seperti itu penting bagi mahasiswa dan juga dosen,” lanjut Dr Probo.

Dea Nathania Hendryanti STP MS mempresentasikan hasil penelitian studi master dalam Homecoming Seminar FTP

Selain itu, acara homecoming seminar juga sekaligus bertujuan untuk memberikan apresiasi dan ucapan selamat pada rekan-rekan dosen yang telah menyelesaikan studinya, lanjutnya.

Dalam sesi seminar, Dr Laksmi Hartajanie menyampaikan penelitian studi doktoralnya dengan judul “Fermented Bitter Melon for Diabetes Mellitus”. Ia meneliti bagaimana senyawa kimia dalam jus pare terfermentasi dapat menormalkan kondisi hiperglikemik atau kadar gula yang tinggi dalam darah, yang umumnya terjadi pada penderita diabetes mellitus tipe dua.

Sementara itu, Dea N. Hendryanti menyampaikan penelitian dalam studi masternya yang berjudul “Anti-Thrombotic and Pro-Fibrinolytic Effect of Oriental Melon (Curcumis melo L. var makuwa) in a Rat Model of Platelet Activation”. Tema penelitian yang berada dalam lingkup Food Functionality ini membahas mengenai potensi dari jenis oriental melon yang terdapat di Korea Selatan dalam mencegah dan menurunkan risiko aterotrombosis atau penggumpalan darah pada pembuluh darah.(B. Agatha)

Kategori: ,