Di Tengah Membanjirnya Kesamaan Produk, Bisnis Mesti Miliki Unique Selling Proposition
Senin, 3 Februari 2020 | 10:57 WIB

Semarang, Idola 92.6 FM – Setiap bisnis mesti memiliki Unique Selling Proposition (USP). Tanpa USP, bisnis atau perusahaan Anda akan berada dalam posisi waspada. Sebab, ancamannya pebisnis akan tenggelam di tengah-tengah lautan kesamaan dan persaingan bisnis yang ketat.

Dr. Bertha Bekti Retnawati, MSi (Ekonom Unika Soegijapranata Semarang).

Menurut Ekonomi Unika Soegijapranata Dr Berta Bekti Ratnawati, USP menjadikan sebuah jasa atau produk istimewa di mata customer dan pelanggan. USP membedakan produk perusahaan dari para pesaing lainnya. “Dengan memiliki USP akan meningkatkan positioning dan pangsa pasar. Kata kuncinya, sesuatu yang unik namun bisa didelivered atau dikomunikasikan pada pembeli,” kata Berta dalam Idola Business Gathering bertema “Unique Selling Proposition: Kunci untuk Keluar Dari Lautan Kemiripan” yang digelar radio Idola Semarang bekerjasama dengan Hotel Horison Nindya Semarang, Kamis (30/01/2020) pagi di Karulu Sky ounge Horison Nindya Semarang.

Berta menjabarkan, unique artinya membuat produk berbeda dengan yang lain. Selling, membujuk pelanggan untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan, dan proposition, pernyataan proposal atau usulan untuk diterima. “Singkatnya, tawaran yang unik, dan diharapkan sesuai harapan pelanggan. Bicara USP, berarti suatu keunikan tawaran dari bisnis kita pada target pembeli kita,” ujar Berta.

https://www.radioidola.com/2020/di-tengah-membanjirnya-kesamaan-produk-bisnis-mesti-miliki-unique-selling-proposition/

Kategori: