AIESEC Ajak Anak Muda Lakukan Program Sosial Skala Internasional
Selasa, 4 Februari 2020 | 9:15 WIB

TRB 4_2_2020 AIESEC Ajak Anak Muda Lakukan Program Sosial Skala Internasional
Association for the International Exchange of Students in Economics and Commerce (AIESEC) mengajak generasi muda untuk melaksanakan program sosial berskala internasional di Kota Semarang. Isu yang diangkat adalah pendidikan dan lingkungan di Kota Lunpia. Dalam kegiatan yang diselenggarakan tiap 6 bulan sekali itu, juga melibatkan mahasiswa asing dari berbagai negara. Ada 22 mahasiswa asing yang terlibat dalam program tersebut. Mereka berasal dan Jerman, Australia, Vietnam, Jepang, Mesris, China, India, Malaysia, dan Brazil.

Pada kegiatan yang dikemas dalam Youthopia International Talkshow bertema ‘The Future is Youth” di Gedung Teater Thomas Aquinas, Unika Soegijapranata, Semarang, Sabtu (1/2), ketua pelaksana talkshow, Anneke Julianita mengatakan, AIESEC mempunyai misi mendukung sustainable development goals (SDGs). SDGs merupakan program yang bertujuan membangun generasi muda di bidang pendidikan dan lingkungan.

“Dengan adanya isu yang terjadi di tahun berikutnya, kita bisa memecahkan masalah-masalah yang ada dan membangun semangat untuk ke depannya,” ujar Anneke.

Sementara itu, Secretary of Youth of Indonesia, Anggis Dinda Pratiwi menambahkan, pemberdayaan generasi muda sangat berpengaruh untuk perkembangan bangsa. Menurutnya, generasi muda adalah penerus bangsa. Pada kesempatan itu is juga menyinggung bonus demografi yang bakal terjadi di 2035 mendatang.

Menurutnya, bonus demografi bisa jadi tantangan sekaligus kesempatan emas. Syaratanya, Indonesia bisa memanfaatkan bonus demografi di mana saat usia generasi usia kerja mendominasi. “Kami ingin mendorong anak muda tidak hanya jadi pekerja formal. Berdasarkan riset yang saya lakukan anak muda lebih ingin menjadi pekerja formal,” ujarnya.

 

►Tribun Jateng 4 Februari 2020, hal. 10

Kategori: