Unika Soegijapranata Rayakan Natal Bertema Ekologis dan Resmikan Skyway
Selasa, 7 Januari 2020 | 9:10 WIB

image

Civitas Academica Universitas Katolik Soegijapranata Semarang menyelenggarakan Perayaan Natal dan peresmian skyway.

Dengan tema “Unika Natal Hijau Integritas Ekologis” perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 Unika Soegijapranata telah diselenggarakan dengan meriah oleh seluruh dosen dan tenaga kependidikan serta mahasiswa, bersama para Pengurus Yayasan Sandjojo, Pejabat Rektorat dan para undangan, Senin (6/1) di Selasar gedung Thomas Aquinas.

Menurut F Agus S, Humas Unika Soegijapranata dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Senin (6/1/2020), acara perayaan Natal yang diawali perayaan ekaristi dengan misa konselebrasi yaitu selebran utama Romo Aloys Budi Purnomo Pr dan konselebran Romo Roymundus Sugihartanto Pr, telah menciptakan suasana khidmat dan sejuk, terlebih dalam pelaksanaan perayaan tahun ini diselenggarakan di tempat yang tidak seperti biasanya di dalam gedung, melainkan di selasar gedung Thomas Aquinas.

Dalam homilinya saat memimpin misa, Romo Aloys Budi kembali mengingatkan tema Natal nasional dan tema Natal Unika.

“Dikutip dari tema nasional KWI dan PGI yaitu ‘Hiduplah sebagai sahabat bagi semua orang’, Natal tahun ini ditandai dengan berbagai macam peristiwa yang unik, justru karena tema yang ditetapkan oleh KWI dan PGI, sehingga beredar gambar- gambar, video, di instagram, WhatsApp, dan di facebook. Dimana suasana hidup sebagai seorang sahabat bagi semua orang itu terjadi secara berlimpah pada Natal tahun 2019,” kata Romo Budi.

Menurut dia, para pemuka agama bisa saling menjalin persahabatan dan kebersamaan dengan saling mengunjungi dan mengucapkan selamat Natal sehingga suasana persahabatan dan kebersamaan bagi semua orang sungguh-sungguh terjadi. Dan di Unika sendiri, lanjut Romo Budi, representasi itu sangat nyata terjadi.

Sementara ketua panitia Natal Unika Ignatius Eko Budhi Setiyono SPd MSi dalam sambutannya usai perayaan ekaristi, mengungkapkan rasa syukurnya dengan kelancaran persiapan perayaan Natal dan Tahun Baru 2020 di Unika Soegijapranata.

“Saya panjatkan syukur pada Tuhan karena banyaknya keluarga Unika yang hadir dalam perayaan Ekaristi pagi ini,” jelasnya.

Dari banyaknya jumlah kursi yang terisi, menunjukkan bahwa perayaan Natal kali ini sangat didukung oleh seluruh anggota keluarga Unika Soegijapranata. “Dan sesuai tema Natal tahun ini, maka hampir semua atribut dan hiasan dalam perayaan berasal dari bahan bekas yang kita ambil dari gudang di basement,” sambungnya.

Peresmian Skyway Mikael 
Di akhir misa ekaristi perayaan Natal, dilakukan prosesi pemberkatan sekaligus peresmian penggunaan skyway Mikael.

Pemberkatan oleh Romo Aloys Budi Purnomo Pr didampingi oleh Romo Roymundus Sugihartanto Pr, sedang peresmian skyway Mikael dilakukan oleh Rektor Unika Soegijapranata Prof Dr F Ridwan Sanjaya MS IEC bersama Ketua Pengurus Yayasan Sandjojo Dr Al Agus Suryono MM.

Dalam kesempatan tersebut, Prof Ridwan selaku Rektor Unika mengungkapkan proses pembangunan skyway Mikael dimulai pada tahun 2019, dan akan dilanjutkan sampai dengan tahun 2020.

“Pembangunan skyway Mikael itu adalah pembangunan skyway tahap pertama, karena pembangunan akan dilanjutkan pada tahap berikutnya,” ucap Prof Ridwan.

Skyway Mikael ini menghubungkan antara gedung Thomas Aquinas, Mikael dan gedung Antonius. Tujuannya, yang pertama adalah akses difabilitas, sehingga orang-orang yang punya keterbatasan dapat mengakses gedung-gedung dengan lebih mudah.

“Sedang fungsi yang kedua adalah alternatif pedestrian, karena akses pejalan kaki di Unika itu agak sempit karena keterbatasan lahan sehingga dengan adanya jalan setapak yang ada di belakang gedung itu juga lebih memudahkan,” terang Prof Ridwan.

Rektor menjelaskan, untuk pelayanan naik dan turun di dalam gedung dari skyway akan dibantu dengan adanya lift yang tersedia di gedung Yustinus dan gedung Henricus Constant. Karena itu, pada pembangunan tahap yang kedua ini akan dihubungkan gedung Antonius ke gedung Henricus Constant yang telah disediakan lift,” tambahnya.

“Harapannya realisasi pembangunan skyway tahap kedua akan bisa selesai sebelum akhir tahun 2020, sehingga tahun 2021 harapannya sudah bisa digunakan,” tandasnya.

► https://investor.id/lifestyle/unika-soegijapranata-rayakan-natal-bertema-ekologis-dan-resmikan-skyway

Kategori: